Mengembalikan Akun Instagram yang Di-hack, Begini Caranya!

February, 18 2021

Sosial media Instagram sudah bukan hal yang asing lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Instagram, salah satunya adalah menjadi selebgram. Namun, kadang ada saja orang tak bertanggung jawab meretas akun Instagram untuk mengambil keuntungan pribadi.

 

Tak jarang akun Instagram dengan followers yang banyak akan menjadi sasaran para hacker untuk mengambil akun tersebut dan kebanyakan orang pasti langsung bingung dan panik kalau akun Instagram-nya sudah di hack. Padahal kan ada cara kembalikan akun Instagram kena hack, nggak susah kok gampang banget! Nah, lantas bagaimana cara mengembalikan akun instagram yang di hack? Ada beberapa tips dan triknya. Simak ulasannya di bawah ini ya!

 

1. Menggunakan Pilihan Bantuan Lewat help.instagram.com

Langkah paling awal yang perlu Lo lakuin adalah dengan buka situs help.instagram.com. Pusat pelayanan Instagram merupakan sebuah fitur dimana akan membantu para pengguna Instagram dalam mengatasi permasalahan di akun Instagramnya. Pusat pelayanan ini juga akan membantu dan memaparkan mengenai mengembalikan akun instagram yang di hack. Atau Lo bisa langsung memilih menu Privacy & Safety – Report Something – Hacked Account – I Think my account has been hacked – Report it to us.

 

  • Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang perlu Lo isi dengan benar dan sejelas-jelasnya. Berikut detail dari langkah-langkah yang perlu Lo lakuin:
  • Kunjungi halaman website pusat layanan Instagram di help.instagram.com.
  • Setelah Lo masuk ke halaman websitenya, maka akan ada beberapa pilihan. Nah, untuk Lo yang mengalami pembajakan akun Instagram maka Lo bisa langsung klik dan pilih opsi “Pusat Privasi dan Keamanan” atau “Privacy & Safety.”
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Melaporkan Sesuatu” atau “Report Something.” Pilihan ini akan menunjukan bahwa akun Instagram Lo sedang bermasalah dan harus segera dilaporkan kepada pihak Instagram. Dengan begitu, pihak dari Instagram akan langsung menindaklanjuti permasalahannya.
  • Setelah itu maka secara otomatis website help instagram akan menampilkan beberapa permasalahan umum. Di sana tertera beberapa pilihan seperti Akun yang dibajak, Akun Penyamaran, Anak di Bawah Umur, Akun Kebencian, dan lain-lain. Nah, Lo bisa langsung klik “Akun yang Dibajak” atau “Hacked Account.” Dengan memilih opsi tersebut, maka Instagram akan membantu dan menjelaskan tata cara mengembalikan Instagram yang dihack.
  • Setelah itu Lo bisa klik pilihan “Sepertinya akun saya diretas” atau “ I Think my account has been hacked.”
  • Kalo Lo sudah memilih opsi tersebut, maka Instagram akan memberikan 3 pilihan untuk mengembalikan akun Lo. Pilihan pertama adalah mengganti password akun Instagram melalui email. Pilihan kedua, Lo bisa “membatalkan akses” yang artinya Lo gak akan melakukan apapun. Atau ke pilihan terakhir, Lo bisa memanfaatkan fitur “autentikasi dua faktor.”

 

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Lo. Lebih mudah kalo Lo mengganti password akun Instagram melalui email.

 

2. Melalui Pilihan "Impersonation Account"

Langkah ini hampir sama dengan sebelumnya, Impersonation Account berguna untuk melaporkan bahwa akun Lo telah diambil oleh orang lain. Perlu diingat, untuk melaporkan akun Lo yang kena hack pakai cara ini, maka Lo wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang Lo gunakan saat awal mendaftar ke Instagram.

 

Selain itu, pastikan sekarang akun Instagram Lo sudah berganti nama atau tidak. Kalau sudah berganti nama, maka Lo wajib memasukkan nama yang sekarang dipakai akun Lo agar pihak Instagram bisa dengan mudah membantu mengembalikannya.

Beginilah detail caranya:

  • Langkah pertama, Lo harus mengunjungi pusat pelayanan Instagram. Kemudian langsung klik pada menu “Pusat Privasi dan Keamanan” atau “Privacy & Safety.”
  • Selanjutnya Lo bisa langsung pilih dan klik “Melaporkan Sesuatu” atau “Report Something.”
  • Setelah itu maka secara otomatis akan muncul beberapa menu lainnya. Menu-menu yang ada pada fitur tersebut salah satunya adalah “Akun Penyamaran” atau “Impersonation Account.” Nah, Lo tinggal mengklik bagian pilihan itu.
  • Lalu, akan muncul paparan dari Instagram mengenai ketentuan dan hal-hal yang harus dilakukan sebelum melaporkan akun penyamaran. Kalo Lo sudah memahaminya dan menyetujui semua ketentuan yang diberikan oleh Instagram, Lo bisa langsung klik pilihan untuk isi formulir. Isilah pertanyaan sesuai yang ditanyakan oleh Instagram, jika sudah selesai Lo bisa langsung klik “Kirim.”

 

 

3. Lakukan Hal Ini Setelah Membuat Pelaporan

Ada beberapa hal yang harus Lo ketahui setelah Lo mengirimkan laporan resmi mengenai akun Instagram yang dihack. Lo perlu memahaminya dan harus bersabar untuk menunggu konfirmasi dari Instagram. Berikut beberapa hal yang harus diketahui setelah melaporkan akun Instagram yang dihack:

  • Rutin Mengecek E-mail

Dari cara yang telah dipaparkan di atas bahwa Instagram akan selalu menanyakan e-mail Lo dan otomatis Instagram akan selalu menginformasikan kelanjutan dari akun Instagram Lo melalui e-mail. Semua informasi mengenai akun Instagram Lo akan dikirim melalui e-mail. Jadi, disarankan untuk selalu mengecek e-mail. Instagram akan memberikan instruksi seperti menuliskan nama akun dan nama lengkap dan kode rahasia di kertas putih dan memfoto wajah dan kertas putih bersamaan untuk verifikasi bahwa akun adalah asli. Usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

  • Isi formulir

Instagram akan mengirimkan formulir yang harus diisi. Balas dan isi formulir dengan selengkap-lengkapnya dan jangan sampai ada informasi yang terlewatkan. Setelah menunggu 4 – 7 hari, akun akan kembali dan dapat ditemukan pada kolom pencarian, dan akun yang telah di hack dapat kembali seperti semula. Jadi, setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data, maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirim form yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau copy ID. Balas email dengan sejelas-jelasnya ya! Jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang gak terisi.

 

 

4. Setelah Akun Kembali, Aktifkan Two-Factor Authentication

Autentikasi dua faktor adalah salah satu fitur keamanan yang disediakan Instagram. Untuk itu, Lo akan diminta untuk memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi percobaan login setiap kali ada orang yang mencoba mengakses Instagram dari perangkat yang tidak dikenal.

 

Ada beberapa metode autentikasi dua faktor yang bisa digunakan dengan akun Instagram Lo. Untuk mulai menggunakan autentikasi dua faktor, pilih antara kode SMS dari telepon seluler Lo atau kode login dari aplikasi autentikasi pihak ketiga (seperti Duo Mobile atau Google Authenticator). Lo memerlukan setidaknya salah satu penyiapan ini agar bisa menggunakan autentikasi dua faktor.

Catatan: Setelah mengaktifkan autentikasi dua faktor, Lo bisa mengakses kode pemulihan untuk akun Lo jika Lo kesulitan menerima kode. Pelajari selengkapnya tentang kode pemulihan.

 

Cukup rumit kan? Tapi bisa. Nah, daripada nantinya Lo bakal terpaksa berurusan dengan hal-hal di atas, mulai sekarang lebih bijak menggunakan sosial media dan menjaga baik-baik keamanan akun instagram Lo sebagai aplikasi terbaik 2020 dengan cara rutin ganti password setiap dua bulan sekali. So, stay safe on the internet ya, Movers!

 

 

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
Aldo
July, 16 2021
Akun saya diretas dan saya lupa gmaildan nomor hp saya saya harus gimana dong?tolong bantuan nya
MORE LIKE THIS