Perhatiin 4 Aspek Penting Mempersiapkan Kerja di Rumah!

November, 25 2020

Bekerja dari rumah bisa jadi hal yang sangat menyulitkan, karena terdapat banyak situasi yang berpotensi menjadi distraksi. Biar Lo ngga terhambat simak aspek-aspek dalam mempersiapkan kerja di rumah yang harus lo taati, yuk, #MOVECreators!

 

Terpenuhinya Kebutuhan Dasar WFH

Aspek utama yang harus dipenuhi adalah kebutuhan dasar dalam melaksanakan Work From Home. Keberadaan hal-hal dasar ini sudah selayaknya dipenuhi agar tidak menghambat proses bekerja dan berkreasi saat kita diharuskan untuk bekerja dari rumah. Apa saja hal-hal penting yang dimaksud? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Lo miliki:

  • Space khusus bekerja

  • Sinyal WiFi mumpuni

  • Laptop dan aksesoris memadai

  • Supply alat-alat pendukung (poin ini disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Lo, kalau Lo butuh mengirim surat formal yang berbentuk fisik, alangkah baiknya Lo memiliki printer)

Banyak dari kita memiliki pengalaman bekerja dengan laptop yang dengan gampang bisa terkoneksi ke internet atau hotspot. Namun, sinyal yang tidak mumpuni bisa mengakibatkan hambatan-hambatan kecil yang mungkin mengganggu proses bekerja Lo. Sama halnya kalau Lo ngga punya ruang khusus untuk bekerja, kemungkinan terjadinya overlap dengan pekerjaan rumah dan munculnya distraksi pastinya sangat tidak bisa dihindarkan.

 

Mempertimbangkan Keadaan dan Kontrol Emosi 

Kenapa mempertimbangkan aspek emosional itu perlu? Setelah Lo nyiapin hal-hal mendasar yang bersifat fisik, pertimbangan emosional saat bekerja di rumah juga penting. Walaupun banyak anggapan kalau kerja dari rumah itu menghemat waktu karena ga perlu menempuh jarak sedemikian rupa untuk ke kantor, pertimbangan emosional menjadi lebih berat karena besar kemungkinan kita menjadikan tempat beristirahat bercampur dengan tempat berisi ragam tanggung jawab. Poin-poin berikut akan ngebantu Lo menjadikan keadaan dan emosi Lo lebih terkontrol:

  • Batasan yang jelas (untuk menciptakan batasan yang jelas dalam bekerja di rumah, ada baiknya Lo memiliki agenda yang pasti dalam bekerja, mengetahui apa saja yang harus diselesaikan agar tetap memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain. Aplikasi to-do-list seperti Any.do, Momentum, atau Notes bawaan dari Laptop Lo bisa ngebantu lo nge-set prioritas)

  • Minimalisasi Distraksi (Cari hal yang paling cocok buat Lo untuk menghindari keriuhan yang terjadi di dalam rumah, Lo bisa pakai headset atau headphone yang nyaman ditemani dengan playlist lagu yang bisa ngebantu Lo tetap fokus)

  • Menjunjung Kolaborasi Tim (Selalu update progress dari pekerjaan Lo maupun tim Lo dan tetap jalin komunikasi yang baik. Sudah banyak aplikasi yang bisa ngebikin Lo “stay connected”, misalnya Slack, Asana, Trello, dan Flowdock. Keberadaan meeting rutin menggunakan Zoom atau Google Hangout, atau Microsoft Team juga bisa mendorong kolaborasi Lo dan tim tetap terjaga.)

 

Punya Daftar Kegiatan yang Terstruktur

Kalau kebutuhan dasar dan fisik dan emosional sudah lo persiapkan berikut aplikasi-aplikasinya, sekarang saatnya Lo menjalankan. Struktur dan rutinitas itu penting buat melindungi kesehatan mental Lopas WFH. Jadi, coba perlakukan hari kerja seolah-olah Lo bakal pergi ke kantor, seperti:

  • Menyetel alarm, 

  • Mandi dan berpakaian rapi, dan 

  • Mulai bekerja di space khusus Lo di waktu bekerja biasanya 

Kalo waktu luang yang tadinya bisa Lo habiskan untuk bepergian, Lo bisa manfaatkan waktu itu - buat berolahraga atau mengerjakan pekerjaan sambilan - jadi Lo tetap bisa memulai hari lebih awal. Penggunaan aplikasi to-do-list, bukan hanya untuk mengatur prioritas pekerjaan yang harus dilakukan pada hari tersebut, lebih dari itu Lo bisa sekaligus ngebuat kegiatan harian di luar pekerjaan pun lebih terstruktur.

 

Menyempatkan Diri untuk Rehat 

Aspek terakhir yang perlu Lo pertimbangkan dan jalankan secara disiplin adalah beristirahat. Pastiin Lo menyisihkan waktu istirahat secara teratur, termasuk satu jam untuk makan siang. Akhiri hari Lo pada jam yang semestinya juga: tutup laptop, beralih ke mode pribadi, dan nikmati rumah Lo sebagai tempat untuk rehat dan menghibur diri.

 

Bekerja dari rumah dapat dengan mudah mengaburkan batasan antara kehidupan rumah tangga dan profesional Lo. WFH juga ngebuat keadaan jadi serba mudah buat memeriksa email bahkan di luar jam kerja normal. Tapi, menyisihkan waktu untuk quality time dengan diri sendiri atau orang di rumah juga penting hukumnya. Berikut adalah beberapa aplikasi atau kegiatan yang bisa Lo lakukan di rumah selagi rehat:

  • Karaoke menggunakan aplikasi seperti WeSing, atau cukup setel platform musik Anda dan dengarkan sambil bersantai

  • Memainkan game console/board game bersama keluarga

  • Menonton series/film favorit menggunakan platform streaming online.

Ketiga hal tersebut bisa jadi kegiatan yang paling mudah dilakukan untuk me-recharge diri Lo yang bisa dilakukan bersama orang yang tinggal bareng Lo. Biar Lo tetap semangat menghadapi hari-hari WFH Lo, istirahat dan menghibur diri secukupnya itu perlu biar tetap produktif nantinya. Lo juga bisa cek rekomendasi film dari mymovement.id yang bisa dijadiin inspirasi buat ngisi waktu luang setelah kerja.

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators