Manfaat Teknologi untuk Milenial yang Mau Buka Usaha

January, 12 2021

Berkembangnya teknologi memang banyak membuka peluang baru, salah satunya dalam berbisnis. Sebagai generasi milenial yang tentunya melek sama teknologi, berbisnis dengan level yang lebih tinggi daripada cara berbisnis konvensional bisa jadi salah satu manfaat teknologi untuk milenial. Nah, buat Lo #MOVECreators yang tertarik dalam dunia bisnis dan pengen jadi entrepreneur sukses, adanya teknologi bisa jadi peluang besar agar bisnis Lo bisa berkembang pesat. Simak terus sampai selesai, ya!

 

Pemasaran Bisnis yang Mudah

Manfaat teknologi untuk milenial yang ingin berbisnis pertama adalah dengan menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran. Pasti Lo udah gak asing dong, sama yang namanya Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok. Keempat media sosial tersebut memang fun banget untuk mengisi waktu kosong kalau Lo sedang bete. Tapi, jangan salah, #MOVECreators. Keempat media sosial ini  juga bisa membantu pemasaran bisnis Lo sehingga mencapai target market yang sudah disesuaikan. Nih, detail-nya!

  • Tetapkan tujuan penggunaan sosial media bisnis yang akan dibangun. Apakah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan lainnya
  • Teliti bagaimana saingan bisnis menggunakan sosial media dalam strategi pemasaran mereka
  • Tentukan jenis konten yang akan diunggah pada media sosial bisnis Lo serta frekuensi konten yang akan dibagikan tiap minggunya
  • Pastikan agar tetap berinteraksi dengan followers sehingga mereka ‘betah’ melihat konten-konten yang Lo bagikan

Singkatnya, keempat step itulah yang perlu Lo perhatikan ketika melakukan pemasaran bisnis di media sosial. Oh ya, Lo juga bisa kok menggunakan sebanyak-banyaknya media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, atau mungkin YouTube dan media sosial lainnya, jadi gak terbatas hanya menggunakan satu media sosial saja. Jangan lupa untuk selalu pastikan kalau konten lo up to date dengan apa yang sedang terjadi di sekitar kita, ya, #MOVECreators!

 

Efisiensi Waktu dan Biaya Saat Komunikasi

 

Di zaman dulu, mungkin setiap orang yang berbisnis perlu meeting tatap muka minimal satu minggu sekali untuk membahas perkembangan bisnis yang dimiliki. Tapi, berkembangnya teknologi lagi-lagi jadi keuntungan buat Lo nih #MOVECreators. Pasalnya, kemampuan untuk meeting secara virtual jadi salah satu manfaat teknologi untuk milenial yang ingin berbisnis. Apalagi, di masa pandemi seperti ini yang memaksa kita untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Nih, MyMovement kasih tau beberapa platform yang bisa Lo manfaatin untuk virtual meeting!

  • WhatsApp

Selain untuk berhubungan sehari-hari, WhatsApp juga bisa Lo gunakan untuk komunikasi dengan rekan bisnis Lo. Lo bisa buat group chat atau group call yang akan memungkinkan Lo untuk berkomunikasi secara real time.

  • Zoom

Semenjak pandemi berlangsung, pasti nama Zoom udah gak asing ya di telinga Lo. Yup, Lo bisa memanfaatkan aplikasi Zoom yang di-install di desktop atau handphone untuk melakukan virtual meeting bersama rekan bisnis Lo. Sayangnya, Lo harus menjadi anggota premium agar bisa melakukan panggilan video berdurasi lebih dari 40 menit.

  • Google Meet

Google Meet bisa jadi pilihan Lo untuk melakukan virtual meeting. Karena, gak seperti Zoom, Google Meet bisa Lo gunakan sebagai platform panggilan video tanpa durasi yang dibatasi. Jadi, mau selama apapun virtual meeting, Lo masih bisa menggunakan Google Meet dengan gratis.

  • Microsoft Teams

Aplikasi bawaan Microsoft, Microsoft Teams juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama seperti platform yang sudah disebutkan di atas. Bedanya, Lo bisa create group, membagikan file, hingga set up meeting dalam satu aplikasi saja. Jadi, proses komunikasi Lo demi kelancaran bisnis juga bakal mulus banget.

 

Pengelolaan Tim yang Mudah

Selain melakukan virtual meeting melalui panggilan video, dalam menjalankan bisnis, Lo juga perlu untuk membagi tugas dengan adil bersama tim. Nah, adanya platform kolaborasi bisnis juga menjadi salah satu manfaat teknologi untuk milenia, nih, #MOVECreators. Banyaknya platform kolaborasi bisnis juga memugkinkan kita untuk meningkatkan produktivitas dan koordinasi satu sama lain. Ini dia beberapa platform tersebut:

  • Slack

Slack merupakan platform kolaboratif berbasis cloud, yang bisa digunakan untuk chatting, project management, dan berbagi file. Plusnya lagi, Slack juga mendukung aplikasi pihak ketiga seperti Google Calendar, Clockwise dan lainnya untuk sync schedule yang Lo miliki.

  • Google G Suite

Google G Suite adalah layanan milik Google berbasis cloud yang memungkinkan user untuk berinteraksi secara langsung. Dengan Google G Suite, pengguna juga bisa menikmati layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan lainnya.

  • Monday.com

Platform ketiga yang bisa Lo gunakan adalah Monday.com. Di Monday, Lo bisa mengatur proyek, tugas, proses, hingga alur kerja yang sedang dikerjakan di satu tempat. Selain itu, Lo bisa mengatur prioritas proyek yang dikerjakan mulai dari rendah hingga tinggi.

Itu dia ketiga platform yang bisa Lo andalkan agar proses pekerjaan bisa dilakukan dengan baik. Lo tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan Lo, ya!

 

Membuat Pekerjaan Lebih Ringkas & Mudah

 

Manfaat teknologi untuk milenial dalam menjalankan bisnis selanjutnya adalah berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Misalnya, dengan teknologi yang saat ini sudah ada, Lo gak perlu lagi melakukan audit keuangan secara manual di buku. Agar lebih cepat, Lo bisa mengandalkan berbagai aplikasi atau software untuk mempermudah pekerjaan Lo. Ini dia beberapa aplikasi/software yang bisa membantu pekerjaan menjadi lebih mudah:

  • Google Docs

Aplikasi pertama yang bisa membantu pekerjaan Lo menjadi lebih mudah adalah Google Docs. Hal ini dikarenakan pengguna Google Docs mampu menulis, mengedit, hingga berbagi dokumen secara online dan bisa mengaksesnya lagi dengan komputer atau handphone lain yang tersambung dengan internet.

  • Google Sheets

Sama seperti Google Docs, Google Sheets juga memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, mengedit, dan berbagi file Google Sheets ke banyak pengguna. Gak seperti Google Docs yang memiliki fungsi utama sebagai sarana menulis, Google Sheets lebih fokus sebagai platform pengumpulan data, di mana pengguna bisa menggunakan rumus-rumus tertentu untuk mendapatkan hasil otomatis seperti penjumlahan, pembagian, dan lainnya.

  • Mint

Mint merupakan platform untuk mengatur, merekam, dan mengelola data keuangan mulai dari informasi tagihan, pengeluaran, investasi, pemasukan, dan sebagainya. Dengan tampilan yang user friendly, Mint bisa diakses melalui handphone dan desktop, menjadikan Mint super fleksibel.

Dengan platform yang disebutkan di atas, Lo bisa meminimalisir human error karena layanannya yang berbasis teknologi. Jadi, pekerjaan akan lebih mudah selesai dengan kesalahan yang sangat minim, sehingga Lo bisa menggunakan sisa waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Adanya teknologi betul-betul membantu kita untuk melakukan pekerjaan dengan efisien dan terorganisir, bahkan di tengah pandemi seperti ini. Jadi, buat Lo yang ingin segera berbisnis, gak usah ragu karena asal ada kemauan, Lo pasti bisa melakukannya, #MOVECreators. Setelah mengetahui manfaat teknologi yang bisa Lo gunakan untuk berbisnis, simak aspek penting WFH biar pekerjaan Lo gak terhambat sama sekali!

 

 

 

 

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS