Minat Investasi Bitcoin? Cek Dulu Penjelasan Ini!

February, 09 2021

Hadir dari 2009, bitcoin, salah satu mata uang digital ini punya masa depan yang kian cerah. Sebelum investasi, intip dulu faktanya di balik artikel ini!

Pada bulan November 2020 lalu Bitcoin mencapai angka nilai tukar tertingginya sepanjang sejarah dengan nilai US$ 19,800/BTC, mengalahkan rekor nilai tukar mata uang digital sebelumnya yang dicapai oleh Bitcoin juga pada Desember 2017 dengan nilai tukar US$ 19,000/BTC. Itulah alasan mengapa banyak orang menggunakannya sebagai aset investasi. Minat investasi Bitcoin? Cek dulu penjelasan ini:

 

 

Sejarah Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009 oleh seorang misterius yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Identitas orang atau kelompok yang menciptakan teknologi ini masih menjadi misteri. Simak dulu nih fakta menarik seputar Bitcoin

  • Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik.
  • Sejak kemunculannya di tahun 2009, Bitcoin adalah mata uang digital dengan nilai terbesar di dunia.
  • Saldo Bitcoin pada dasarnya adalah data yang merupakan rangkaian panjang angka dan huruf yang dihubungkan melalui enkripsi algoritma matematika yang digunakan untuk membuatnya.
  • Sifat Bitcoin dibuat, didistribusikan, ditransaksikan, dan disimpan dengan sistem desentralisasi yang dikenal dengan blockchain.
  • Meski berbentuk digital, Bitcoin bisa disimpan dalam harddisk.
  • Suplai Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia sifatnya terbatas hanya 21 Juta Bitcoin.

 

 

Keunggulan Investasi Bitcoin

Setelah tau dari mana asalnya bitcoin, lalu aja sih keunggulan yang ditawarkan oleh Bitcoin? Simak yuk dibawah

  • Nilai tukar Bitcoin sangat fluktuatif. Ada yang bilang kalau hal tersebut malah merugikan, namun karena hal itulah nilai Bitcoin bisa sewaktu-waktu mencapai nilai yang luar biasa tinggi.
  • Bitcoin menawarkan biaya transaksi yang lebih murah. Transaksi Bitcoin bersifat PTP (Peer to Peer) yang artinya tiap transaksi tidak melibatkan atau melalui bank ataupun otoritas keuangan pemerintah sehingga biaya transaksi umumnya lebih murah daripada mata uang biasa.
  • Transaksi internasional dengan Bitcoin lebih mudah. Transaksi Bitcoin antarnegara tidak ada bedanya dengan transaksi Bitcoin yang berlangsung dalam satu negara. Tidak ada tambahan biaya pada transaksi internasional Bitcoin.
  • Privasi pengguna Bitcoin sangat aman. Transaksi Bitcoin bersifat transparan, artinya sangat mungkin untuk MOVE Creators mengetahui alur dan nilai Bitcoin yang berpindah tangan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya, namun sesungguhnya apa nama akun yang terlihat tidak memiliki kaitan langsung dengan akun Bitcoin pengguna sehingga sangat sulit untuk mengetahui siapa orang yang menggunakan akun tersebut.

 

 

Kekurangan Bitcoin


Setelah MOVE Creators tahu kelebihannya, tentu harus cari tahu juga kekurangannya. Yuk simak dibawah kekurangan Bitcoin.

  • Transaksi yang tidak bisa dibatalkan. Jika MOVE Creators salah memasukan alamat Bitcoin saat transaksi, transaksi tersebut tidak bisa dibatalkan. Artinya Bitcoin yang sudah terkirim tidak bisa dikembalikan.
  • Penggunanya masih sedikit. Penggunaan Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran masih terbilang minim dibandingkan cara transaksi yang menggunakan mata uang konvensional karena belum banyak merchant yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin.
  • Rentan hilang. Jika MOVE Creators tanpa sengaja (atau dengan sengaja) lupa kunci pribadi dan password  akun Bitcoin, maka tidak ada cara apapun untuk mengakses Bitcoin yang ada di akun tersebut.
  • Bisa sewaktu-waktu kalah nilainya dengan mata uang digital yang lebih superior. Seperti kehadiran Bitcoin yang berhasil mengguncang dunia dengan nilai tukar yang tinggi, bukan hal yang tidak mungkin nantinya akan ada mata uang digital yang hadir dan mengalahkan nilai Bitcoin.

 

 

Perkembangan Bitcoin Sampai Saat Ini


Itu dia fakta-fakta tentang Bitcoin. Bitcoin masih sangat muda dan masih terus dikembangkan, bahkan dalam laman resminya tertulis bahwa Bitcoin sampai saat ini masih bersifat uji coba. Akan ada pembaruan terus menerus di sistemnya sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam penggunaannya. Nilainya masih terus sangat fluktuatif sehingga bisa jadi kesempatan atau bahkan bisa jadi bencana di suatu saat! Lalu tepatkah MOVE Creators menjadikan Bitcoin sebagai aset investasi?

MOVE Creators bisa berinvestasi di Bitcoin dan berpeluang besar dalam meraup keuntungan dalam aset yang dibangun di atas teknologi tinggi ini. Namun daripada menganggap Bitcoin sebagai aset yang bernilai tinggi, akan lebih tepat jika Lo menganggap Bitcoin sebagai aset yang beresiko tinggi. Dengan begitu Lo bisa berhati-hati dalam berinvestasi menggunakan Bitcoin. Selamat mencoba, ya!

 

 

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS