Cek 4 Keunggulan Android Dibanding OS Lain!

October, 14 2020

Maraknya produksi gadget, didukung pula dengan inovasi dan kecanggihan sistem operasi sebagai pendukung perangkatnya. Sebelum membeli gadget, Lo perlu tau spesifikasi yang sesuai sama kebutuhan. Artikel ini akan ngebahas keunggulan Android dibanding OS lain, seperti iOS yang bisa bikin Lo berpaling dari iPhone. Simak, yuk!

Pilihan Aplikasi yang Luas dan Beragam

Keunggulan Android dibanding OS lain adalah pilihan aplikasi yang lebih beragam. Google Play Store menyediakan pilihan yang sangat banyak dibandingkan dengan App Store yang digunakan handphone berbasis iOS. Hal ini yang kadang membuat pengguna iOS iri. App Store memiliki sekitar 1,96 juta aplikasi, sedangkan Play Store memiliki dua kali lipat lebih banyak, yaitu sekitar 3,5 juta aplikasi. Hal ini dikarenakan oleh:

  • Pembuatan aplikasi untuk Android memakan biaya yang lebih murah
  • Rilis aplikasi lebih cepat, karena review yang cepat dari tim internal

Dua hal ini membuat aplikasi di Android lebih beragam. Developer aplikasi hanya perlu membayar sebesar $25 (sekitar 400 ribu rupiah) tanpa perlu memperbaharui langganannya ke Google Play. Jauh lebih murah dibandingkan App Store yang harus membayar $99 (sekitar 1,5 juta rupiah) dan developer harus membayar jumlah yang sama setiap tahunnya untuk satu aplikasi. Lebih dari itu, tim internal Google cuma membutuhkan waktu selama tiga jam untuk me-review satu aplikasi. Sangat cepat, bukan?

Tampilan Personalisasi yang Banyak dan Fleksibel

Nah ini yang mungkin menjadi keunggulan Android dibanding OS lain yang paling utama, yaitu tampilan yang customizable banget. Ga seperti tampilan iOS yang seperti itu apa adanya. Bukan hal yang negatif buat Lo yang suka banget sama interface iOS, tapi kalo Lo lebih suka “ngutak-ngatik” interface hp Lo, Android adalah pilihan yang tepat. Lo bisa personalisasi atau customize hal-hal seperti:

  • Keyboard
  • Widget
  • Root

Bukannya keyboard yang disediakan oleh Android ga bagus, tapi pasti seru juga kan kalo bisa dipersonalisasi. Umumnya gadget Android memakai SwiftKey Keyboard atau GBoard, tapi kamu bisa memilih banyak keyboard lain di Play Store. Selain itu yang bisa kita personalisasi pada Android adalah widget. Apa sih widget itu? Widget adalah Graphical User Interface (GUI) pada home screen yang memudahkan Lo berinteraksi pada sistem operasi maupun aplikasi. Apple baru saja menerapkan personalisasi widget pada iOS 14, sedangkan Android sudah menerapkan widget dari Android pertama keluar. Lo juga bisa root atau rooting untuk personalisasi lebih jauh. Lo bisa personalisasi storage, sistem, dan bahkan menghapus bloatware (aplikasi bawaan) yang ga Lo butuh. Tapi hati-hati ya, pelajari cara rooting yang benar, karena cukup beresiko merusak dan melemahkan sistem nih kalo Lo ga begitu paham.

Modifikasi Keamanan dan Besaran Storage

Sebenarnya pada iPhone atau sebut iOS Lo juga bisa modifikasi sistem keamanan, tapi keunggulan Android dibanding OS lain adalah Lo bisa lebih leluasa dalam modifikasi sistem keamanan ini. Contohnya pada iOS Lo bisa membuka lockscreen dengan cara;

  • Face ID
  • Kode PIN
  • Touch ID

Pada Android, kita ambil contohnya disini Samsung, juga mempunyai fitur lockscreen seperti:

  • Pengenalan Wajah
  • Kode Pin
  • Pola atau pattern
  • Fingerprint

Atau Lo juga bisa menggunakan aplikasi unik di di Play Store yang tentu aja bisa menambah keamanan pada hp Android Lo. Selain itu, keunggulan lainnya yang cukup penting adalah adanya kapasitas storage tambahan pada slot SD card. Mungkin Lo berpikir untuk apa, toh sekarang storage pada handphone sudah menembus bahkan sampai 1 TB. Namun, bagi para content creator ini penting loh, Lo bisa memindahkan data dengan cepat dari SD card ke berbagai platform untuk memudahkan memproses konten.

Sistem Operasi Open Source dan bersifat multitasking

Keunggulan Android dibanding OS lain juga terletak pada sistem operasinya yang open source. Artinya kalo Lo menggunakan Android, Lo bisa customize bagaimanapun tanpa melanggar undang-undang hak cipta. Selain itu, untuk Lo yang bisa dapatkan saat memakai Android adalah fitur multitasking. Fitur multitasking adalah kemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Cocok untuk Lo yang punya sedikit waktu alias super sibuk, jadi bisa multitasking untuk ngerjain pekerjaan lebiih cepat.

Itu dia empat keunggulan android dibanding OS lain. Mungkin sebelum membeli handphone ada baiknya untuk tau keunggulan dari handphone tersebut, karena di zaman ini handphone merupakan barang yang sangat penting untuk kita. Dengan handphone kita bisa melakukan apapun dan bahkan melakukan pekerjaan seperti desain. Untuk desainer, cek juga ya artikel kami di MyMOVEment.id tentang sosial media yang Lo harus tau untuk mamerin karya Lo. Siapa tau setelah pamerin karya bisa langsung dapat job yang gede.

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators