Rumah sudah seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk para penghuninya. Namun masalahnya sekarang, bagaimana cara menata ruang tamu yang memanjang agar terkesan lebih luas meskipun diterapkan pada rumah yang kecil?

Pada umumnya, ruang tamu berbentuk persegi. Namun rumah-rumah modern sekarang sudah ada yang memiliki rumah tamu dengan bentuk memanjang. Jika hal tersebut yang menjadi masalah Anda saat ini, jangan khawatir! Karena kami akan menjelaskan cara menata ruang tamu yang paling tepat untuk ukuran memanjang di dalam artikel ini. 

Panduan Cara Menata Ruang Tamu Yang Memanjang

Ruang tamu yang memanjang menjadi suatu bentuk arsitektur unik. Pasalnya, untuk menghasilkan bentuk tersebut harus melalui proses pembangunan yang cukup rumit. 

Meskipun konsepnya unik, namun penataannya harus seimbang. Baiklah, berikut kami bantu berikan inspirasi untuk membuat dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik

1. Gunakan Sofa Panjang dan Nyaman

Sofa berukuran panjang yang nyaman sangat kami rekomendasikan untuk membuat sebuah ruang tamu yang apik. Akan tetapi, jangan padukan lagi sofa panjang ini dengan kursi-kursi lainnya. 

Hal tersebut tentu saja untuk menghindari kesan penuh dan sumpek yang timbul akibat terlalu banyak barang di dalam ruangan yang memanjang. 

2. Pilih Elektronik TV Flat dan Rak Yang Ramping

Cara menata ruang tamu yang memanjang yang kedua adalah memperhatikan pemilihan barang elektronik yang digunakan. Salah satunya adalah TV. Kami lebih merekomendasikan Anda untuk menggunakan TV Flat yang sangat membantu untuk mengurangi volume ari sisi lebar ruangan. 

Pasalnya, jika menggunakan TV dengan layar melengkung, maka volume ruangan akan berkurang. Selain itu, gunakan rak minimalis yang ramping untuk membuat seisi ruangan tampak lebih elegan. 

3. Hindari Penggunaan Meja Tengah, dan Gunakan Meja Sudut

Pada bagian tengah ruangan, volume ruangan akan berkurang karena hadirnya sofa panjang dan rak. Sehingga akses jalan hanya tersisa sedikit untuk penghuni rumah dan para tamu yang datang. 

Maka dari itu, Anda perlu menghindari penggunaan meja yang berada di tengah (baik itu meja bundar atau meja persegi) yang cukup menganggu. 

Sebagai inovasi, gunakanlah meja sudut atau rak sudut yang bisa dimultifungsikan. Sehingga kehadirannya sangat bermanfaat untuk membuat ruangan yang memanjang jadi lebih segar dan unik. 

4. Penggunaan Lampu Sudut

Sebagai pemilik rumah, Anda wajib memperhatikan standar pencahayaan dalam ruangan. Karena bukan hanya meja sudut yang bisa menambahkan nilai estetika ruang tamu Anda, namun juga penggunaan lampu sudut. Lampu ini bisa menerangi beberapa bagian di dalam ruangan dengan intensitas cahaya yang juga bisa dikendalikan. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa diperoleh jika Anda menggunakan lampu gantung. Karena kelemahan dari lampu gantung jika digunakan pada sebuah ruangan yang memanjang bisa menimbulkan kesan yang penuh meskipun ukurannya proporsional. 

Selain itu, saat menonton TV yang jaraknya cukup dekat, cahaya yang ada akan tepat berada di tengah ruangan sehingga bisa mengganggu aktivitas. Inilah mengapa kami merekomendasikan Anda agar menggunakan lampu sudut di ruangan yang memanjang. 

5. Jika Memungkinkan, Berikan Akses Jendela

Cara menata ruang tamu yang memanjang berikutnya adalah dengan memberikan akses jendela apabila memungkinkan. Ruangan yang minimalis sering memiliki beberapa masalah seperti kurangnya sirkulasi dan pencahayaan yang berdampak pada kenyamanan. 

Soal sirkulasi dan cahaya, tidak ada salahnya jika Anda memberi akses jendela di bagian belakang sofa ataupun sisi kiri dan kanan. Dengan begitu, ruangan yang kecil akan terlihat seperti memperoleh sinar matahari serta udara segar yang cukup. Gunakan juga indoor gorden yang sesuai dengan bentuk jendela. 

6. Pilih Pintu Geser Yang Multifungsi

Cara menata ruang tamu yang memanjang selanjutnya adalah dengan menggunakan pintu geser. Interior ini bisa menjadi salah satu cara paling tepat untuk menata ruang tamu yang kecil. 

Biasanya, ruangan yang memanjang kerap lebih sempit daripada ruangan persegi. Maka dari itu, fungsi dari pintu geser cukup penting karena bisa memperkecil ruang yang diperlukan. Karena jika menggunakan pintu buka-tutup, ruang yang dibutuhkan jauh lebih besar.

7. Mengurangi Furnitur Yang Tidak Perlu

Cara menata ruang tamu yang memanjang terakhir adalah dengan mengurangi furnitur. Bukan rahasia lagi jika furnitur yang terlalu banyak pada sebuah ruangan akan memberikan kesan yang sesak, meskipun secara sirkulasi udara yang ada lancar. 

Banyak pemilik rumah minimalis hari ini yang lebih memilih untuk menggunakan furnitur seperlunya saja. Jika di ruang tamu rumah Anda terdapat kursi dan meja besar, lebih baik pindahkan ke tempat lainnya agar ruangan tersebut tampak lebih luas. 

Dari pada kedua barang tersebut, Anda bisa menggantinya dengan karpet dan meja kecil di dalam ruangan. Ini yang diterapkan oleh orang-orang di Korea dan Jepang saat menjamu tamu. Selain itu, sediakan juga bantal duduk untuk menambah kenyamanan. 

Itulah 7 cara menata ruang tamu yang memanjang yang bisa Anda ikuti. Yang terpenting, hindari penggunaan barang yang terlalu banyak memakan volume ruangan. Hal tersebut bisa membuat seisi ruangan tampak lebih segar dan minimalis.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version