Biasakan Ini! Kebiasaan Baru dalam New Normal

September, 14 2020

Tidak ada yang menyangka jika kita akan mengalami salah satu pandemi yang efeknya dirasakan secara global seperti sekarang. Setelah masa ini berakhir, pastinya ada beberapa gaya hidup yang berubah untuk mengakhiri rantai penyebaran virus. Berikut adalah kebiasaan baru dalam new normal yang perlu dibiasakan.

1. Membersihkan Gadget Secara Berkala

Gadget Lo, seperti ponsel, laptop, tab, smart watch, dan semacamnya mungkin memang keluaran yang terbaru, tapi tau ga sih seberapa bersih gadget Lo. Faktanya ponsel Lo itu 10 kali lipat lebih kotor dari dudukan toilet pada umumnya. Iya iPhone 11 Pro yang lo pegang saat ini mengandung banyak virus dan bakteri loh. Penyebabnya adalah kebiasaan Lo yang sedikit-sedikit liat ponsel, walaupun ga tau apa yang di cek. Setiap harinya seseorang mengecek ponsel setiap 12 menit sekali atau 80 kali sehari. Artinya hampir seharian kita membawa ponsel kemana-mana sampai ke toilet juga. Dengan kondisi seperti ini Lo harus punya kebiasaan baru dalam new normal ini, yaitu rajin membersihkan ponsel/gadget setiap harinya. Bersihkan dengan cara lap ponsel/gadget Lo setiap harinya dengan cairan desinfektan atau alkohol. Usahakan juga untuk selalu memegang ponsel/gadget dalam keadaan tangan yang bersih ya!

2. Olahraga Yang Teratur

Setelah lama WFH ini mungkin banyak dari kita yang kurang gerak. Nah, Lo harus punya kebiasaan baru dalam new normal ini, yaitu olahraga secara teratur, seperti:

  • Push-up
  • Sit-up
  • Jogging

Apapun itu yang penting Lo lakuin secara teratur. Lo juga bisa pake earphone dari Aftershokz yang punya teknologi bone conduction untuk nemenin Lo olahraga. Dengan Aftershokz Lo bisa olahraga sambil dengerin musik tapi tetap aware sama lingkungan sekitar Lo, karena teknologi bone conduction earphone hanya perlu ditempel ke tulang depan telinga, jadi tidak masuk ke lubang telinga. Selain itu Lo juga bisa pake Fitbit Charge 4 untuk monitor denyut nadi Lo. Kalo Lo suka lari, Fitbit juga punya GPS, biar Lo ga kesasar dan bisa hitung seberapa jauh track larinya.

3. Pakai Masker & Jaga Jarak Aman

Nah, ini nih kebiasaan baru dalam new normal yang paling penting, yaitu memakai masker dan selalu jaga jarak aman. Jadi penyebaran Covid-19 yang paling gampang adalah melalui droplet/cairan ludah yang mungkin bisa tertular saat sedang mengobrol dan berdekat-dekatan. Jadi perlu banget nih memakai masker dan menjaga jarak yang selalu aman. Di era transisi ini banyak banget pilihan masker yang bisa Lo temui. Seolah-olah masker ini udah jadi trend fashion yang baru. Contohnya seperti premium mask dari Kize yang punya dua lapis perlindungan. Lapisan luarnya adalah lapisan yang fashionable banget dari bahan jersey yang bisa dicuci. Kemudian bagian dalamnya ada kantong untuk dimasukan filter seperti pm 2.5 untuk menghalau mikropartikel seperti virus untuk menembus masker Jadi, Lo bisa tampil fashionable dan juga tetap terlindungi dari ancaman virus. Dan walaupun sudah pakai masker Lo juga harus tetap jaga jarak yang aman sekitar 1,5 meter ya, biar tambah aman!

4. Hindari Dulu Transportasi Umum

Setelah lama tidak beroperasi, Lo sekarang udah bisa nikmatin transportasi umum lagi. Tapi sebisa mungkin, hindari dulu ya menggunakan transportasi umum Move Creators. Karena transportasi umum seperti bus atau kRL merupakan moda transportasi yang tertutup dan tidak jarang kita berdesak-desakan di dalamnya. Hal ini cukup berbahaya untuk penyebaran Covid-19 yang masih harus dihindari. Kalau Lo terpaksa menggunakan transportasi umum, Lo harus punya kebiasaan baru di new normal seperti selalu memakai masker, jaga jarak aman, dan pakai hand sanitizer setiap mau memegang bagian wajah. Lo juga bisa coba opsi lain seperti moda transportasi berbasis aplikasi. Walaupun naik taksi online juga berisiko, karena tetap berada di ruang tertutup, setidaknya Lo ga harus berdesakan dengan orang asing. Tapi tetap wajib memakai masker ya! Kalau area yang mau Lo tuju masih terjangkau, Lo bisa coba pakai alternatif sepeda. Belakangan ini sepeda kembali digemari dan ini salah satu cara berolahraga yang teratur juga loh. Sekarang ada juga sepeda elektrik seperti Xiaomi Qicycle. Jadi Lo bisa sehat bersepeda tanpa perlu mikirin hambatan jalan yang susah seperti tanjakan yang tajam, karena sepeda listrik ini juga punya gas seperti motor. Tapi bersepedanya juga tetap harus pakai masker ya buat jaga-jaga.

 

Itu dia kebiasaan baru dalam new normal yang perlu Lo punya, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi dibanding Lo berisiko terpapar Covid-19 ini, lebih baik terapkan kebiasaan-kebiasaan ini ya Move Creators. Kalau Lo penyuka Game GTA coba cek artikel MyMovement.id yang membahas tentang evolusi game GTA ya!

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators