Cara Beradaptasi dengan "New Normal" Buat yang Hobi Keluar

January, 08 2021

Kemunculan virus corona di awal tahun ini emang mengharuskan kita untuk stay dan sebisa mungkin beraktivitas dari rumah. Kondisi itu memaksa kita untuk beradaptasi dan memiliki kebiasaan baru. Sekolah, rapat, sampai wisuda pun dilakukan secara online. Hal itu juga berpengaruh ke segala aktivitas rekreasional kita seperti traveling, pergi ke bioskop, atau nonton konser musik. Buat si hobi jalan-jalan, beradaptasi dengan “New Normal” bisa jadi susah, cek tips di artikel ini!

 

 

Biasakan Diri dengan Kondisi Baru

Selain fisik, kondisi pandemi ini juga bisa berdampak terhadap kesehatan mental Lo. Kebiasaan yang berubah dan berdiam diri di rumah perlahan-lahan cukup menguras pikiran. Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah menerima kenyataan bahwa keadaan sudah berubah tidak seperti sedia kala. Untuk mengatasi hal itu, Lo bisa memulainya dengan aplikasi-aplikasi layanan psikologi yang bisa ngebantu mencapai self-acceptance, seperti:

  • Sehat Jiwa - Aplikasi yang dikeluarkan pemerintah ini difungsikan sebagai wadah komunikasi, edukasi, juga informasi kepada masyarakat terkait kesehatan jiwa. Lo bisa konsultasi mengenai cara pencegahan dan penanganan cemas, gangguan tidur, stress, sampai depresi psikotik.
  • Riliv - Nah, aplikasi yang satu ini cocok banget untuk ngebantu Lo di masa-masa kaya gini. Selain menyediakan jasa konseling psikolog online, aplikasi ini juga punya banyak fitur yang bisa ngebantu lo untuk lebih cepat beradaptasi dengan “New Normal” seperti konten cerita pengantar tidur, musik relaksasi, sampai tutorial meditasi di rumah.
  • Psikologimu - Banyak pilihan yang dikasih di aplikasi ini. Lo bisa pilih metode konsultasi via chat atau video call dengan psikolog yang juga bisa Lo pilih sendiri sesuai dengan preferensi. Aplikasi ini juga punya menu topik yang mau Lo konsultasikan seperti asmara, tumbuh kembang anak, keluarga, pendidikan, sosial, karir, dan gangguan jiwa.

 

 

Tetap Jalin Komunikasi dengan Dunia Luar

Manusia selalu menemukan cara untuk tetap bisa berkomunikasi. Meskipun Lo ga bisa kemana-mana, bukan jadi alasan untuk ga berhubungan dengan para kerabat atau orang-orang tersayang. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa ngebantu Lo untuk tetap berkomunikasi dari mana pun:

  • Zoom - Aplikasi ini paling cocok untuk rapat atau kuliah online. Fitur share screen dan anotasi pada layar yang Lo bagikan bisa mempermudah dalam menyampaikan ide atau materi.
  • Google Meet - Buat Lo yang mau ngumpul virtual bareng temen-temen Lo, aplikasi ini cocok untuk digunakan. Selain penggunaan yang mudah, Google Meet juga bisa menampung partisipan sampai 250 orang.
  • OmeTv - Terkadang curhat sama orang yang gak dikenal bisa lebih melegakan dan gak perlu takut akan judgement mereka. Buat Lo yang mau coba curhat atau sekadar ngobrol sama orang asing, Lo bisa coba download OmeTv.

 

 

Jaga Mood dan Emosi

Tanpa adanya hiburan langsung seperti jalan-jalan, konser musik, atau pergi ke mall, Lo harus punya cara alternatif untuk tetap ngejaga mood dan emosi. Salah satunya lewat game. Beberapa game yang cocok untuk lo mainkan saat pandemi di antaranya:

  • Animal Crossing - Game keluaran Nintendo ini cocok banget  buat dimainin di saat-saat pandemi ini. Konsep simulasi sosial dengan latar alam hijau bisa sedikit ngobatin kerinduan Lo akan dunia luar. Dalam game ini Lo akan berperan sebagai penduduk desa yang bisa melakukan aktivitas seperti memancing, mengumpulkan dan membuat alat-alat keperluan, dan bisa mengembangkan wilayah Lo jadi pusat komunitas hewan.
  • Football Manager - Game simulasi manajer klub sepak bola ini bisa Lo mainkan di Platform PC. Selain bisa jadi sarana hiburan pembunuh bosan, game ini juga bisa ngejaga mental Lo supaya tetap kompetitif dan ngelatih management skill dalam mengatur sebuah tim.
  • Mobile Legend - Bagi Lo yang ga punya console untuk main game seperti PS atau Nintendo Switch, silakan coba Mobile Legend yang bisa Lo mainkan di HP. Game MOBA 5v5 ini bisa Lo mainkan ramai-ramai bareng teman. Intensitas match yang seru juga bisa ngejaga mood tetap oke.

Buat yang anaknya ga nge-game banget, bisa juga ngejaga mood dan emosi dengan pelihara kucing atau anjing yang lucu-lucu.

 

 

Atur Jadwal Olahraga dan Istirahat Teratur

Kebugaran tubuh juga bisa jadi faktor penentu kondisi mood dan emosi Lo. Untuk itu, dibutuhkan pola istirahat dan olahraga yang teratur. Badan yang lelah bisa bikin mood dan emosi Lo ga stabil. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa ngebantu Lo untuk mengatur pola tidur dan olahraga dari rumah:

  • Eye Reminder - Masa-masa WFH suka memaksa Lo untuk berada depan layar lebih lama. Aplikasi ini berfungsi sebagai reminder kapan Lo harus berhenti menatap layar, berapa lama Lo cukup untuk istirahat, dan menu exercise yang baik untuk kesehatan mata.
  • Alo Moves - Aplikasi kelas yoga ini sangat bermanfaat buat Lo yang mau tetap bugar atau rileks tanpa harus keluar rumah. Ada lebih dari 100 kelas dengan instruktur profesional. Gerakan yoga dalam bentuk video ini juga cocok bagi Lo yang masih pemula.
  • Home Workout - Aplikasi yang satu ini berisi menu program workout gym yang bisa Lo lakukan dari rumah tanpa alat. Ada juga fitur lain seperti tips dari pelatih sampai statistik perkembangan tubuh Lo.

Itu dia beberapa tips yang bisa Lo coba untuk beradaptasi dengan “New Normal”. Semoga bisa mengakomodir jiwa-jiwa going out kalian, Move Creators! Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan, ya!

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators