4 Game Paling Bersejarah Yang Pernah Dibuat, Lo Pernah Main?

October, 14 2020

Dari game pertama yang ada di dunia sampe game-game terkenal yang ternyata udah ada dari puluhan tahun yang lalu. Artikel ini akan membahas game bersejarah yang pernah dibuat, serta kenapa eksistensinya tetap melekat sampai saat ini.

Spacewar: Game Komputer Pertama di Dunia

Sebenarnya Spacewar bukan game komputer pertama di dunia, mengingat ada game OXO (1952) dan Tennis For Two (1958) yang menggunakan komputer lebih dulu. Tapi, Spacewar adalah game komputer yang pertama kali booming atau populer. Spacewar dibuat oleh Steve Russell, seorang mahasiswa komputer di universitas MIT di Amerika. Kalo Lo penasaran gimana sih bentuknya dan cara mainnya, Lo bisa coba sendiri di:

  • Spacewar Online
  • Play Spacewar

Nah, cobain deh game komputer yang legendaris ini. Walaupun gameplay dan grafis game ini keliatan sederhana, tapi dengan teknologi waktu itu Steve dan timnya butuh waktu pengerjaan sampai 200 jam loh! Bayangin deh kalo Steve ga bikin Spacewar, kita ga akan pernah main PlayStation. Karena Mesin dari Spacewar ini adalah kunci utama dari permainan arcade/dingdong dan kemudian berkembang menjadi game konsol

Counter Strike: Game FPS Tertua

Kalo game yang satu ini semua pasti udah tau nih. Terutama anak warnet (warung internet) di tahun 2000-an. Karena waktu itu ga mungkin Lo ga pernah mainin Counter Strike 1.6. Pasti lo pernah main game ini nge-LAN bareng temen-temen di map de_dust2. Udah kerasa nostalgianya? Ternyata game Counter Strike ini udah ada dari tahun 1999 dengan versi pertamanya, Counter Strike 1.0. Ini menjadikan Counter Strike game dengan genre FPS (First Person Shooter) tertua, karena udah berusia 21 tahun. Dalam 21 tahun itu Counter Strike udah merilis banyak versi seperti:

  • Counter Strike 1.0 (1999)
  • Counter Strike 1.6 (2003)
  • Counter Strike: Condition Zero (2004)
  • Counter Strike: Source (2004)
  • Counter Strike: Global Offensive (2012)

Seri yang terakhir, Counter Strike: Global Offensive, lebih dikenal dengan sebutan CS GO yang sampai sekarang masih sangat diminati oleh banyak pemain. Bahkan kompetisinya pun rutin digelar setiap tahun. Siapa sangka game yang dibuat dari modifikasi game Half-Life ini sangat diminati dan punya umur yang begitu panjang.

Mario Bross: Game Petualangan yang Ga Pernah Mati

Kalian pasti udah familiar dong sama Mario dan saudaranya Luigi. Ikon besar dari Nintendo ini ternyata udah menghibur dengan permainannya dari tahun 80-an loh. Sebelum ada Super Mario, Mario sendiri sudah muncul di game terkenal Nintendo yaitu Donkey Kong. Saat itu, belum ada yang menyangka kalau tokoh protagonis di Donkey Kong akan menjadi ikon paling besar di Nintendo. Sampai setelah 35 tahun pun Mario tetap menjadi ikon paling besar untuk Nintendo. Karena itu juga Mario telah dirilis di berbagai macam platform, yaitu:

  • Nintendo Entertainment System (NES)
  • Super Nintendo Entertainment System (SNES)
  • Nintendo GameCube
  • Nintendo 64
  • Nintendo DS
  • Nintendo 3DS
  • iOS dan Android
  • Nintendo Wii
  • Nintendo Wii u
  • Nintendo Switch

Game Mario sudah dirilis di berbagai platform dengan berbagai gameplay dan grafis. Bahkan ada juga yang bergenre racing, yaitu Mario Kart. Dari dulu sampai sekarang petualangan Mario ga pernah mati! Nah, berhubung tahun ini adalah perayaan Matio yang ke 35, Nintendo ngajak Lo untuk ikutan event main Super Mario yang klasik di Nintendo Switch. Coba kunjungin website resmi Nintendo untuk tau seperti apa event-nya. Siapa tau Lo tertarik untuk ikutan!

Winning Eleven: Pelopor Game Sepakbola

Dari Roberto Carlos dijadiin penyerang, sampai shoot jauh Adriano yang jadi andalan. Itu adalah sedikit dari banyak trik pemain Winning Eleven. Sebelum Pro Evolution Soccer (PES) Fifa menjadi andalan dalam game sepakbola, player pada 2000-an awal pasti lebih memilih Winning Eleven sebagai pilihan utama. Tapi Move Creators harus tau nih kalo PES dan Winning Eleven pada awalnya adalah game yang sama loh. Ya, ngga 100% sama sih, tapi ada beberapa perbedaan, seperti:

  • Bahasa dalam game
  • Server
  • Komentator

Bahasa yang digunakan dalam Winning Eleven berbahasa Jepang dan menggunakan huruf hiragana (alfabet Jepang), sedangkan PES berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan region lock yang digunakan oleh Konami sebagai pengembang game. Asia tergolong ke dalam Region 3, sedangkan Amerika dan Eropa tergabung dalam region 1 dan 2. Hal ini akan ngaruh saat Lo bermain online. Oleh karena itu kalo Lo main Winning Eleven secara online, Lo ga akan ketemu sama pemain PES karena servernya beda. Setelah itu perbedaan lainnya adalah bahasa yang digunakan komentator. Pemain Winning Eleven pasti tau bagaimana khasnya suara komentator dengan bahasa jepang dalam game. Winning Eleven dulu dibuat untuk mengangkat antusiasme masyarakat Jepang untuk menyambut piala dunia tahun 2002 di Jepang. Ternyata kesuksesannya melampaui itu, sekarang ini PES/Winning Eleven menjadi game bola terfavorit dan bersaing keras dengan FIfa.

Itulah dia 4 game paling bersejarah yang pernah dibuat. Kalo game-game ini ga ada, mungkin Lo ga bisa nikmatin game-game populer sekarang. Karena game-game ini memang yang menginspirasi game-game saat ini. Nah saat ini, game sudah maju banget loh teknologinya. Liat aja teknologi di PS5. Bagaimana sih perbedaan PS4 dan PS 5? Cek artikel lainnya hanya di MyMOVEment.id!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators