Lakuin Langkah Menghindari Peretasan Data Ini Biar Aman!

February, 18 2021

Banyaknya berita tentang peretasan data yang beredar, bisa menjadi pengingat pentingnya pengamanan yang baik di setiap aktivitas kita di perangkat elektronik. Untuk menghindari peretasan data, lakuin langkah-langkah di bawah ini supaya data-data tetep Lo aman, Move Creators!

 

Aktifkan Two Factor Authentication

 

Langkah pertama yang bisa Lo lakuin untuk menghindari peretasan data adalah mengaktifkan Two Factor Authentication di segala aplikasi, terutama yang berisi data-data penting. Two Factor Authentication ini merupakan standar keamanan yang terdiri dari 2 (dua) proses identifikasi, yaitu menggunakan password dan security code (kode keamanan). Nah, biasanya pengamanan ini memanfaatkan beragam akses kredensial, seperti nama pengguna atau sesuatu yang diketahui secara personal dan kode pin atau angka acak. Oh iya, FYI aja, karena terdiri dari dua proses identifikasi, Two Factor Authentication kadang juga dikenal dengan sebutan Multi Factor Authentication, Move Creators.

 

Perlu diperhatikan juga, buat Lo yang mungkin susah mengingat sandi, baiknya siapkan tempat untuk mencatat segala informasi pribadi. Misal, buku catatan pribadi, Google Keep, atau pakai aplikasi password manager yang bisa menyimpan catatan kata sandi Lo.

 

Gunakan Kata Sandi Unik

 

Nah, cara ini pasti Lo udah nggak asing lagi dong, ya. Membuat kata sandi memang bisa dibilang mudah, tapi apakah kata sandi tersebut sudah cukup rumit dan rahasia, terutama untuk para peretas di luar sana? Karena itu, supaya terhindar dari peretasan data, penting banget buat Lo pastiin bikin kata sandi yang unik dan rumit. Tipsnya, ialah:

  • Pakai kombinasi angka dan huruf besar kecil
  • Bedakan kata sandi untuk website dan media sosial
  • Hindari menggunakan kata sandi tanggal, bulan, tahun lahir
  • Hindari pola atau pengulangan

Jangan sekali-sekali Lo memakai kata sandi yang sama untuk semua platform atau aplikasi. Karena hal tersebut sangat memudahkan para peretas untuk mencuri data Lo. Nggak mau, kan? Emang gimana sih kata sandi yang mudah diretas? Nih, contohnya: 101010, QWERTY, 19990912. Familiar dengan contoh kata sandi yang disebutkan? Kalau iya, artinya Lo harus banget ganti kata sandi sekarang untuk menghindari peretasan data, Move Creators.

 

Hindari Membuka Laman atau Iklan Mencurigakan

 

Selanjutnya, nggak cuma membuat dan mengamankan kata sandi yang unik, Lo juga perlu waspada dengan lama atau iklan-iklan yang bertebaran di internet, Move Creators. Iklan yang bertebaran memang seringkali menarik hati untuk dibuka, tapi akibat dari sembarangan membuka bisa menjadi boomerang buat Lo. Kenapa? Karena kita nggak bakal pernah tahu, iklan tersebut bisa saja trik yang diciptakan oleh para peretas untuk mencuri data pribadi Lo. Karena itu, baiknya Lo pastikan dulu sebelum membuka iklan atau laman untuk menghindari peretasan data yang nggak diinginkan, ya. Lo bisa lihat dari kualitas, brand, dan jenis promo dari iklan tersebut terpercaya atau tidak, sebelum membukanya.

 

Pasang Antivirus dan Perbarui Sistem Perangkat Berkala

 

Seringkali kita nggak sadar lupa memasang Antivirus di segala peralatan elektronik.  Padahal, memasang Antivirus dan memperbarui sistem perangkat secara berkala adalah salah satu cara yang wajib dilakukan untuk menghindari peretasan data, lho. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, aktivitas virtual meningkat tajam. Fungsi dari Antivirus ialah membasmi segala virus internet yang masuk dan melindungi data kita yang ada di internet supaya aman.

 

Itu dia empat langkah menghindari peretasan data yang bisa terjadi saat melakukan aktivitas dengan perangkat elektronik, Move Creators. Semoga tips ini bisa membantu Lo jadi sadar akan pentingnya pengamanan yang mungkin selama ini Lo pikir ribet. Nah, supaya makin sadar lagi ada 4 kasus peretasan paling terkenal yang bisa Lo baca, Move Creators. Jangan sampai menyesal!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS