Bagaimana cara mengisi daftar hadir di Zoom, tetap menjadi sebuah hal yang tak mudah bagi beberapa orang. Meskipun media ini telah jamak digunakan sebagai media komunikasi di beberapa tahun terakhir. Padahal pada sebuah meeting yang diselenggarakan, daftar hadir atau absensi adalah sebuah hal mendasar yang harus dilakukan oleh para peserta.
Absensi ini akan menjadi catatan pegangan bagi seorang host untuk mengetahui siapa saja yang telah hadir di dalam meeting tersebut. Untuk mengisi daftar hadir Zoom ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu mengisi Google Form dan fitur absen otomatis.
Untuk lebih jelasnya, mari ikuti terus uraian yang ada di dalam artikel ini:
1. Cara Absen di Zoom dengan Mengisi Google Form
Cara mengisi daftar hadir di zoom yang pertama adalah dengan mengisi data pada sebuah formulir digital, yang disebut Google Form. Para host atau guru adalah pihak yang akan membuat formulir absensi ini. Biasanya host akan membagikan link absensi pada kolom chat, sesaat sebelum meeting akan dimulai.
Proses pengisian data absensi melalui Google Form ini mempunyai batas waktu. Untuk itu bagi peserta meeting, sebaiknya segera mengisi formulir tersebut begitu link daftar absen telah dibagikan host atau akan dianggap tidak hadir. Langkah-langkah pengisian daftar hadir adalah sebagai berikut:
- Buka aplikasi Zoom dan pastikan jaringan internet stabil.
- Setelah masuk, bergabunglah ke dalam meeting zoom melalui undangan yang ada. Tunggulah beberapa saat hingga host mengizinkan join.
- Begitu berada di dalam meeting Zoom, carilah link absensi yang mungkin sudah dibagikan di dalam fitur chat.
- Apabila di dalam chat link absensi telah tersedia, klik link
- Selanjutnya layar akan beralih secara otomatis ke aplikasi browser, tunggu beberapa saat hingga formulir daftar hadir ditampilkan.
- Ketika Google Form telah muncul, segera isi dengan data yang diminta pada kolom yang disediakan
- Selanjutnya tekan tombol submit, dan pengisian daftar hadir pun selesai. Klik tanda silang pada halaman Google Form tersebut, kemudian segera kembali ke meeting Zoom yang sebelumnya dihadiri.
2. Cara Absen di Aplikasi Zoom Secara Otomatis
Sebenarnya di dalam aplikasi Zoom, fitur absen sebagai sarana bagi host untuk mengetahui siapa saja peserta yang hadir pada meeting yang diampunya itu telah ada. Hanya saja sayangnya fitur absen secara otomatis ini hanya terdapat pada aplikasi Zoom dengan spesifikasi premium atau berbayar. Sehingga, tak banyak host yang menggunakannya.
Jadi jika host sebuah meeting kebetulan menggunakan aplikasi Zoom yang berbayar, maka tidak perlu repot untuk membuat form pengisian daftar hadir peserta. Melalui absensi yang ada di dalam fitur Zoom premium, data peserta yang hadir dapat diketahui secara otomatis. Hal tersebut tentu akan menjadi kemudahan bagi para peserta meeting sebab meski tak mengisi daftar absen, namun data kehadirannya akan tetap terekam.
Melalui Zoom premium ini juga, seorang host akan dapat mengetahui detail aktivitas dari para peserta meeting. Pada menit ke berapa seorang peserta meeting menutup mic, pada detik ke berapa peserta lainnya membuka kamera. Dan beragam aktivitas lain yang bersifat teknik akan dapat dengan mudah terpantau oleh sang pengampu acara.
Demikian penjelasan dan uraian langkah-langkah tentang cara mengisi daftar hadir di zoom. Pada dasarnya ada dua macam cara pengisian daftar hadir pada meeting Zoom. Yang pertama dilakukan secara otomatis pada Zoom premium. Dan yang kedua peserta mengisi daftar hadirnya secara manual melalui Google Form. Semoga uraian di atas dapat menambah wawasan.