Apakah Anda siapkan menginvestasikan anggaran untuk memulai Google Ads? Cara daftar Google Ads ini dapat diterapkan jika memenuhi 3 syarat berikut;
Daftar Isi
3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Iklan
Akun Google Ads nantinya akan membantu membawa Anda ke halaman terdepan mesin pencari jika syarat-syarat dipenuhi.
Setelah mereka (Google Ads) berhasil masuk ke website Anda. Tugas selanjutnya adalah…..
Website Siap Tayang (Navigasi, Relevansi, Dioptimalkan)
Anda harus meyakinkan mereka untuk mengkonversi halaman web.
Untuk mencapai ini, Anda harus membuat halaman website yang ‘menghipnotis’ pengunjung untuk menekan klik.
Bayangkan saja, jika halaman Anda belum siap. Navigasi yang berantakan, kekurangan konten relevan dengan niche Anda, bahkan tidak memfasilitasi laman yang ingin dikonversi.
Siap-siaplah, Anda sudah membuang anggaran untuk hal yang sia-sia. Pencarian berbayar yang tidak mendapatkan klik, mimpi buruk!
Buatlah landing page yang layak untuk website Anda, dan jangan lupa bangun website yang mobile-friendly (ini kiat penting).
Komitmen untuk Proyek Jangka Panjang (Anggaran & Waktu)
Walaupun Google Ads sering dibilang sebagai jalan alternatif. Itu bukan berarti semua orang berpotensi untuk mendapatkan halaman pertama.
Penting untuk menyadari PPC (Pay-per-Click) adalah aktivitas maraton, bukan sprint. PPC juga membutuhkan waktu untuk membangun struktur website yang kuat, memperluas daftar target keyword, menguji halaman arahan untuk iklan.
Biasanya saat memulai iklan, hal yang cenderung terjadi adalah mendapatkan kualitas angka yang buruk. Ini berpengaruh dan merugikan posisi rata-rata dan CPC Anda.
Jangan khawatir, Anda dapat melihat skor kualitas mulai beranjak naik setelah Anda menetapkan ‘kepercayaan’ Google dan membuktikan bahwa Anda telah membuat akun yang memberikan pengalaman baik terhadap pengguna.
Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu.
Menyiapkan Tenaga Ekstra untuk PPC (minggu-minggu awal)
Setelah akun baru aktif dan berjalan. Itu bukan artinya Anda dapat duduk santai saja.
Bulan pertama menjadi proses yang membutuhkan kerja ekstra dan dapat dibilang cukup berat. Jika ini pertama kalinya Anda mengelola akun PPC. Sangat disarankan untuk meluangkan waktu beberapa minggu untuk mempelajarinya.
Di mulai dari cara membuat akun, mendapatkan sertifikasinya, dan selanjutnya memantau kinerja dengan cukup ketat.
Nah, jika dirasa Anda dapat memenuhi syarat di atas. Jangan lupa untuk luangkan waktu mempelajari strategi & mengidentifikasi target pencarian berbayar Anda.
Salah satu yang terpentingnya adalah mengetahui bagaimana Anda akan mendefinisikan sebuah konversi?
‘Konversi‘ merupakan tindakan yang Anda inginkan agar dilakukan oleh pengguna setelah mereka menekan klik dan mengunjungi iklan Anda. Pengiklan yang berbeda melacak jenis konversi yang berbeda.
Seperti, e-commerce yang menggunakan website media promosi online-nya untuk mendorong lebih banyak pelanggan potensial. Lalu, dokter hewan yang mungkin mendorong tindakan panggilan telpon.
Cara Daftar Google Ads Baru dalam 3 Step
Oke, sekarang masuk tahap cara daftar Google Ads untuk kalian yang sudah melakukan riset mendalam. Kita mulai dari…
Step 1: Siapkan Google Akun
Tahap pertama, Anda dapat membuat akun baru ataupun menggunakan akun Google yang sudah ada.
Kiatnya: Anda dapat menggunakan e-mail baru yang terpisah. Gunakan secara khusus untuk pengelolaan Google Ads.
Berikut panduan dalam membuat akun e-mail baru.
Step 2: Mendaftar Google Ads + Lengkapi Info
Kunjungi halaman pendaftaran Google Ads di ads.google.com. Klik ‘mulai sekarang‘.
Di sinilah Anda dapat menggunakan akun baru yang sudah didaftarkan tadi.
Proses selanjutnya adalah klik ‘buat kampanye baru‘. (Pengaturan yang sudah dibuat dapat dijeda terlebih dahulu untuk meninjaunya). Pertama-tama pilih tujuan utama untuk kampanye yang dibuat.
Mulai dari sini, Anda perlu mengisi data untuk memberikan nama bisnis dan alamat websitenya.
Note: Anda memerlukan website untuk menautkan iklan. Agar Google akan memindai website untuk mempelajari lebih lanjut untuk memverfikasi sebagai bisnis yang nyata.
Data yang perlu dilengkapi selanjutnya adalah;
Sempurnakan semua kebutuhan untuk kampanye Anda. Karena Google terus memindai situs web Anda, jadi mereka menawarkan saran dalam tiap menunya yang dapat Anda pilih.
Seperti saran kata kunci berikut;
Di jendela selanjutnya Anda dapat menambahkan hingga 15 judul dan 4 deskripsi
Setelah semua jendela di isi secara lengkap. Anda dapat melihat pratinjau iklan Anda.
Step 3: Tagihan
Terakhir, Anda akan diminta untuk menyiapkan informasi penagihan. Pilihan pembayaran mulai dari kartu kredit dan rekening bank.
Google akan memverifikasikan informasi pembayaran terlebih dahulu, dan memakan waktu yang cukup lama.
Jika sudah diverifikasi, iklan Anda secara resmi tayang dan Anda dapat mulai memantau dan membangun akun Ads.
Klik ‘jelajahi kampanye‘ dilaman baru atau dashboard Anda.