Tidak bisa registrasi kartu telkomsel, bisa cara ini, prosesnya mudah dan tidak memakan waktu lama. Kartu sim merupakan bagian penting dari sebuah smartphone. 

Komponen ini tidak tergantung pada internal smartphone, tetapi keberadaannya sangat penting, karena kartu sim baru harus diaktifkan sebelum dapat digunakan. Bagaimana apabila kalian tidak bisa melakukan registrasi pada kartu telkomsel? 

Lakukan ini untuk memperbaiki masalah ketika Anda tidak dapat mendaftarkan kartu Telkomsel. Proses registrasi kartu Telkomsel terkadang tidak begitu mulus. Apa yang terjadi jika tidak bisa registrasi kartu telkomsel? 

Pengecekan ulang data diri registrasi kartu SIM dilakukan dengan mengirimkan SMS ke nomor 4444. Setiap operator seluler memiliki sistem dan format pendaftarannya sendiri. Bagaimana mengatasi tidak bisa registrasi kartu telkomsel?

Baca juga: Cara Cek Nik Telkomsel Lewat 3 Tahap Sederhana Ini

tidak bisa registrasi kartu telkomsel

Bagaimana mengatasi tidak bisa registrasi kartu telkomsel

Setiap kali seseorang mendaftarkan kartu SIM, beberapa data pribadi tentang pemilik kartu dimasukkan untuk pendaftaran, termasuk nik dan nomor kk. Pendaftaran gagal, pastikan nomor KK sudah tervalidasi dan masuk ke database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Jika Anda merasa SMS registrasi terkirim dengan benar tetapi registrasi gagal, tidak perlu panik. Pengguna dapat mengirim ulang pesan yang sama kira-kira lima kali, tetapi pulsa Anda akan tetap terlindungi dan tidak hilang karena layanan ini tersedia secara gratis. 

Operator dapat mengirim pesan balasan saat menggunakan fungsi pengiriman SMS sebanyak lima kali. Operator mengonfirmasi bahwa pengguna telah memberikan ID dan nomor KK yang benar dan valid saat membalas. Jika jawaban pengguna setuju, maka pengguna harus bertanggung jawab ketika data telah dikirim. Bagaimana cara mengatasi tidak bisa registrasi kartu telkomsel?

1. Menunggu jeda

Tunggu Jeda akan terjadi sesaat setelah mendaftar dan dianggap sebagai pendaftaran gagal. Sambil menunggu beberapa menit, restart smartphone terlebih dahulu agar proses berjalan lebih lancar. 

2. Kirim via sms

Setelah beberapa saat, kirim sms registrasi lagi. Atau, jika sistem sedang sibuk dan sms pendaftaran hilang, pendaftaran mungkin gagal. 

Jika Anda sering mengirim sms, kemungkinan sistem akan gagal dan akan memakan waktu lebih lama untuk membalas pesan tersebut. Untuk mengatasinya, Anda harus memiliki kesabaran.

Baca juga: Begini Cara Request Nomor Telkomsel yang Mudah Beserta Biayanya

tidak bisa registrasi kartu telkomsel

3. Registrasi di website 

Setiap operator pasti memiliki website sendiri, dimana user tentunya bisa mendaftarkan sim cardnya. Telkomsel juga menyediakan layanan serupa untuk mendaftarkan kartu perdana sebelum dapat digunakan. 

Pada halaman pendaftaran, pengguna akan diberikan formulir untuk diisi. Ketikkan nomor telepon, ktp, dan data KK dengan lengkap dan akurat. Kebenaran dan kelengkapan data menjadi tolak ukur keberhasilan proses registrasi. Tidak bisa registrasi kartu telkomsel bisa diatasi dengan cepat.

4. Pergi ke grapari

Jika pendaftaran tidak pernah selesai dan setiap upaya gagal, atau jika pelanggan telah mencoba segalanya tetapi masih tidak berhasil, pergi ke grapari adalah solusinya. 

Grapari merupakan tempat, dimana pelanggan Telkomsel dapat menyampaikan keluhannya atas permasalahan yang dihadapi. Jika Anda tidak dapat mendaftar ke layanan pelanggan, mengajukan keluhan, dan jika Anda diharuskan untuk mendaftar, selalu bawa beberapa dokumen, seperti ID dan nomor Kartu Keluarga. 

Jika Anda tidak dapat mendaftarkan kartu sim, buat pernyataan. Jangan khawatir tentang memasukkan data pribadi dengan benar. Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa data pribadi Anda akan aman, karena keamanan yang ketat diberikan oleh operator seluler. Tidak bisa registrasi kartu telkomsel sangat simple dan mudah.

tidak bisa registrasi kartu telkomsel

Penyebab Gagal Registrasi Kartu Telkomsel 

Tidak Bisa registrasi Sejak penerapannya di tahun 2017 memang masalah umum, registrasi kartu sim ini menghadapi banyak tantangan, mulai dari proses yang rumit hingga batas 3 nomor sim prabayar yang hanya bisa didaftarkan KTP. 

Proses pendaftaran yang masih banyak diabaikan oleh masyarakat inilah yang paling sering terjadi. Menurut Kominfo di situs resminya, masalah pendaftaran kartu SIM dan KTP bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Jadi harus memahami solusi tidak bisa registrasi kartu telkomsel.

Hal ini disebabkan pemalsuan nik dan KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, atau nomor keluarga belum diperpanjang oleh keluarga yang pindah rumah. 

Bisa juga karena kepala keluarga sudah meninggal sehingga menyebabkan perubahan KK. Oleh karena itu Kominfo merekomendasikan agar pengguna kartu sim memasukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga yang sesuai dengan informasi di Dukcapil. Solusi tidak bisa registrasi kartu telkomsel bisa dilakukan dengan beberapa tips diatas.

Baca juga: Terbaru! Cara Registrasi Telkomsel Loop 2022

Exit mobile version