Pengen Lancar Main Game? Cek 4 Spesifikasi PC Gaming Ini!

November, 13 2020

Selain CPU, GPU, dan RAM, masih banyak spesifikasi PC gaming yang perlu Lo tau buat mastiin experience main Lo makin asik dan lancar tanpa lag. Selain menjelaskan apa aja yang perlu dipertimbangkan dan kegunaannya, artikel ini akan membahas spesifikasi pc gaming berdasarkan game yang akan dimainkan. Yuk, simak!

Komponen Inti (CPU, GPU, RAM, Penyimpanan, Sistem Operasi)

Kalo Lo mau spesifikasi PC gaming yang high-tech alias canggih, Lo harus pastiin dulu kalo komponen intinya udah punya kapasitas yang cukup. Apa sih komponen inti itu? Ya bisa dibilang komponen-komponen utama yang bakal bikin PC Lo punya performa tinggi. Komponen-komponen ini adalah:

  • CPU (Central Processor Unit)

  • GPU (Graphic Processing Unit)

  • RAM (Random Access Memory)

  • OS (Operating System)

Kita akan bedah sedikit nih tentang guna masing-masing komponen inti ini. CPU itu ibaratnya otak dari PC, Lo ga bisa punya specs canggih tapi CPU-nya ketinggalan. Pasti akan nge-lag atau bahkan bisa sata CPU Lo terbakar, karena overheat. Setidaknya Lo harus pake sekelas intel i5 atau yang lebih bagus untuk bisa mainin game dengan lancar. Setelah itu pastiin Lo pake GPU dan RAM yang punya specs tinggi juga. GPU berfungsi untuk ngedapetin resolusi yang halus dan tajam, sedangkan RAM berfungsi untuk memudahkan operasi biar ga lagging. Lo bisa pake sekelas Nvidia Gen 10 dan RAM minimal 8GB DDR4. Lo juga harus pastiin untuk pake SSD (Solid-State Drive) untuk dapetin performa yang lebih cepat, daripada pake HDD (Hard Disk Drive) yang lebih jadul. Terakhir, Lo bisa pake OS apa saja, asal sesuai dengan specs PC dan juga tetap up-to-date. Sebaiknya Lo pakai Windows 10 yang lebih universal. Beberapa game cuma dirilis di Windows dan ga dirilis di Mac. Jadi, Lo bisa mainin lebih banyak game di Windows!

 

Komponen Pendukung (Motherboard, Mouse, Keyboard, Monitor, etc)

Tidak kalah pentingnya dengan komponen inti, komponen pendukung juga bisa bikin Lo lebih asik pas main game di PC. Komponen pendukung ini bisa berupa motherboard, mouse, keyboard, monitor, dan headset. Biar Lo nyaman bermain, Lo bisa pake spesifikasi PC gaming, seperti:

  • Motherboard: MSI Z490-A Pro

  • Mouse: Razer Basilisk Essential

  • Keyboard: STOGA Mechanical Gaming Keyboard

  • Monitor: Acer Nitro VG271 

  • Headset: SteelSeries Arctis 1

Spesifikasi di atas memang bukan yang terbaik, tapi cukup banget buat dapetin experience gaming yang asi. Pertama Lo harus punya motherboard yang bagus, karena motherboard ini “rumahnya” CPU. Kalo CPU yang ditaro di motherboard udah high-end/canggih, tapi kurang didukung sama motherboard-nya, hasilnya juga pasti ga maksimal. Selain itu ga lengkap kalo mau punya PC gaming tanpa mouse dan keyboard gaming. Sebenernya sih Lo bisa pake yang biasa aja, tapi pas main Lo akan ngerasain perbedaannya. Entah sensitivity yang kurang dari mouse Lo atau tombol keyboard yang keselip. Kalo experience mainnya udah enak, saatnya ningkatin visual dan audio pake monitor, juga headset yang khusus buat gaming. Bikin permainan Lo terasa lebih nyata, bahkan sampe musuhnya kayak beneran di depan Lo! Tapi hati-hati pas milihnya. Lo harus pastiin kalo itu sesuai dengan CPU dan GPU yang Lo pake, kalo engga device-nya malah ga bisa dipake karena ga support.

 

Komponen Pelengkap (DVD-ROM, UPS, Joystick, etc)

Dengan komponen inti dan pendukung saja, sebenarnya Lo udah bisa main dan bahkan streaming dengan nyaman, tapi kalo ada hal-hal seperti DVD-ROM, UPS, dan Joystick. Kenapa sih hal-hal ini harus ada? Alasannya adalah:

  • DVD-ROM: Sebenernya sih ga terlalu wajib sih, karena kebanyakan kita akan install driver atau program lainnya dari external Harddisk atau file di internet. Tapi punya opsi ini mungkin bisa ngemudahin Lo saat diperlukan.

  • UPS (Unit Power Supply): Nah kalo yang ini emang sebaiknya ada, karena listrik yang dipake sama PC gaming emang harus stabil untuk ngejaga komponen-komponen utama ga cepet rusak. Kalo listrik yang kita langsung ambil dari colokan, kadang dayanya bisa naik atau turun

  • Joystick: Nah yang ini harusnya bisa bikin PC Lo jadi cross -platform. Banyak banget game yang dirilis di Steam, juga dirilis di console. Dengan pake Joystick, Lo bisa ngerasain main console di PC

Nah, itu dia kepentingan komponen pelengkap yang bisa Lo pake di PC gaming Lo. Kalo saran dari MyMOVEment.id Lo seengganya punya UPS. Soalnya, walaupun cuma pelengkap, perannya cukup krusial nih. Karena bakal ngejaga komponen-komponen utama ga cepat rusak dengan nyediain listrik yang stabil.

 

Game Half-Life: Alyx & Call of Duty: Warzone

Setelah Lo punya semua komponen PC, baik dari inti sampai pelengkap, Lo bisa mainin game dengan seru! Contohnya mainin Half-Life: Alyx atau Call of Duty: Warzone yang membutuhkan spesifikasi PC gaming yang lumayan. Nih cek dulu spesifikasi yang dibutuhkan buat main dua game ini:

  • Half-Life: Alyx

    • OS Windows 10

    • CPU Intel Core i5-7500 atau yang lebih bagus

    • RAM 12GB 

    • GPU Nvidia GeForce GTX 1060 atau AMD Radeon RX 580

  • Call of Duty: Warzone

    • OS Windows 10 (64-bit)

    • CPU Intel Core i7-9700K atau yang lebih bagus

    • RAM Memori sistem 16 GB

    • GPU NVIDIA GeForce GTX 2080 SUPER

    • Penyimpanan ruang 175 GB

Kalo Lo bandingan, dua game ini punya spesifikasi yang cukup berbeda. Hal ini normal banget, karena kebutuhan game akan berbeda, tergantung sama game yang Lo mainin juga. Kalo game Lo butuh memori yang gede, Lo butuh SSD dan RAM yang gede juga. Kalo game Lo bakal detail dan dinamis, Lo butuh CPU dan GPU yang canggih. Yah, sebenernya sih Lo bisa-bisa aja mainin game yang di atas spesifikasi PC gaming Lo, tapi hasilnya ga akan sebagus PC dengan specs yang ngelebihin kebutuhan game-nya.

Itu dia spesifikasi PC gaming yang Lo butuhin buat mainin atau streaming game dengan lancar. Lo bisa coba ngerakit dengan sederhana dulu dan sesuaiin dengan budget yang Lo punya. Nantinya, upgrade satu-persatu setelah Lo punya budget lebih. Dengan cara itu Lo bisa punya PC gaming tanpa ngeluarin modal yang langsung gede. Nah, buat Lo yang suka mainin game di atau bikin konten dari handphone, Lo bisa cek artikel MyMOVEment.id tentang chipset handphone terbaik 2020! Semuanya hanya di MyMOVEment.id!

 
#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators