Pengelolaan keuangan merupakan salah satu aspek penting untuk meninjau perkembangan sebuah perusahaan. Dalam pengelolaannya, tentu sekarang ini dapat dibantu dengan macam macam software akuntansi yang dapat membuat hasil perhitungan lebih akurat.

Berbagai software tersebut dapat membantu kinerja para akuntan di sebuah perusahaan untuk menghitung dalam skala besar.

Berikut ini adalah 5 deretan software akuntansi terbaik yang dapat membantu mengelola keuangan perusahaan:

Software Akuntansi Terbaik Bagi Perusahaan

1. Mind Your Own Business (MYOB)

Sebenarnya banyak macam macam software akuntansi yang dapat digunakan, salah satunya adalah MYOB ini. MYOB merupakan software buatan Indonesia yang dapat melakukan pembukuan keuangan secara akurat dan lengkap. Selain dapat digunakan oleh perusahaan besar, software ini juga cocok digunakan oleh perusahaan dengan skala menengah ke bawah.

Melalui software MYOB, pengguna dapat mengelola keuangan sekaligus mengawasi beberapa departemen di perusahaan secara utuh karena sifatnya yang multi-user. Selain itu, MYOB juga ramah di kantong para pemilik UMKM, karena penggunanya tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan dalam jangka panjang. Sayangnya, software ini tidak mampu melakukan pengelolaan multi-company.

2. Krishand

Krishand ialah software yang unggul dalam pengelolaan keuangan, khususnya dalam pengolahan data laporan pajak. Software ini menyediakan form pajak sesuai dengan regulasi pajak terbaru, sehingga pengguna Krishand tidak harus lagi menggunakan blangko pajak. Laporan pajak yang akurat dan efisien, membuat software Krishand mampu mempersingkat waktu pengerjaan.

Uniknya, Krishand dilengkapi dengan fitur yang mampu menyediakan ruang untuk menyimpan dan menampilkan dokumen-dokumen lama hingga yang terbaru tanpa perlu membuka ulang arsip. Namun dibalik kelebihannya, software Krishand sering bermasalah pada kepemilikan atau usabilitasnya.

Baca juga: Cara Daftar Alamat di Google Maps

3. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Jika tidak memiliki budget untuk membeli software-software akuntansi, MOAE bisa menjadi alternatif karena software ini bisa didapat secara gratis. Software yang merupakan bagian dari program MOAP (Microsoft Office Accounting Professional) ini memiliki desain simpel dan mudah diaplikasikan.

MOAE mampu beroperasi dengan baik dalam mengolah data transaksi jual beli dari nota dan sejenisnya tanpa perlu membuat catatan terlebih dahulu. Software ini pun akan menunjukkan laporan data lain untuk mengecek keuangan perusahaan. Jadi, MOAE sangat cocok digunakan bagi para akuntan pemula.

4. Zahir Accounting

Sama seperti MYOB, software Zahir Accounting ini merupakan produk keluaran Indonesia yang dapat membantu pengelolaan uang secara akurat. Zahir Accounting yang ramah digunakan di android maupun iOS itu diklaim sebagai software dengan fitur paling lengkap.

Laporan data yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kapasitas program yang mampu disinkronkan dengan para penggunanya merupakan kelebihan software ini. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan sendiri pembelian paket Zahir Accounting dengan menambah fasilitas yang diperlukan saja.

Sayangnya, lisensi dari software yang satu ini tergolong mahal dan cukup tidak ramah di kantong para pebisnis UMKM. Selain itu, penghitungan satuan seperti misalnya biaya tiap pekerja tidak mampu dilacak secara otomatis.

5. iTBrand Indonesia

Software akuntansi yang terakhir ini juga merupakan produk keluaran dalam negeri yang dapat membantu para akuntan dalam pembukuan keuangan perusahaan. Fasilitas dan fitur manajemen keuangan di dalam software ini tidak kalah sejajar dengan vendor skala internasional.

iTBrand Indonesia bekerja secara cepat dan tepat dalam mengurus masalah data keuangan di perusahaan-perusahaan. Selain itu, iTBrand Indonesia memiliki fitur siap cetak, sehingga dapat memudahkan para penggunanya dalam menangani masalah pengelolaan keuangan perusahaan.

Itulah macam macam software akuntansi dengan segudang kelebihan dan kekurangannya. Jika memang perusahaan memerlukan bantuan dalam pengelolaan pembukuan dan keuangan perusahaan, tidak ada salahnya mencoba salah satu software tersebut.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Leave A Reply

Exit mobile version