ROR Heat Detector adalah salah satu bagian sistem pemadam kebakaran gedung yang umumnya banyak digunakan di sejumlah bangunan. Namun hingga hari ini, masih banyak orang yang belum terlalu mengenal perihal teknologi safety yang satu ini maupun beberapa teknologi lain dalam sistem pemadam kebakaran. 

Pada artikel kali ini, kami akan mengajak anda untuk dapat mengenal ROR Detector ini lebih baik, mulai dari definisi, fungsi, cara kerja hingga harga jualnya.

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya seputar alat ini di bawah ini.

Apa itu ROR Heat Detector dan Fungsinya?

Rate of Rise atau ROR Heat Detector adalah Heat Detector atau alat pemindai panas yang umumnya digunakan di sejumlah ruangan dengan suhu normal seperti kamar, ruang kerja perkantoran, dapur dan lainnya.

Jenis heat detector ini dapat memindai dan juga mengirimkan sinyal ketika terjadi lonjakan suhu tinggi dalam suatu ruangan, melebihi batas suhu normal. 

Heat detector jenis ini sendiri didukung oleh sistem thermocouple yang sensitif terhadap suhu dan api. Sehingga detector ini dapat mengidentifikasi kenaikan suhu dari 12 hingga 15 derajat celcius. Selain itu, ROR detector juga dapat mengidentifikasi dan bekerja dibawah suhu api normal, yaitu 58 derajat celcius atau 136 derajat Fahrenheit.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ROR Detector ini termasuk salah satu bagian dari sistem pemadam kebakaran gedung. Fungsi utama dari alat ini adalah mendeteksi kenaikan suhu yang merupakan indikasi kebakaran di suatu ruangan.

Spesifikasi ROR Detector

Bicara mengenai spesifikasi ROR Detector, berikut ini adalah beberapa spesifikasi umum dari jenis Heat Detector ini.

  • Jangkauan pemindaian suhu mencapai 50 meter persegi dengan langit-langit setinggi 4 meter.
  • Dapat diaplikasikan di ketinggian di atas 4 meter (maksimal 8 meter), namun jangkauan pemindaian berkurang menjadi sekitar 30 meter saja.
  • Dapat dengan cepat merespon kenaikan suhu tinggi (12-15 derajat celcius dari suhu ruangan).
  • Dapat digunakan di ruangan dengan suhu rendah.

Berapa Harga ROR Heat Detector di Pasaran?

Saat ini, ROR Heat Detector telah dapat diperoleh dengan mudah di banyak toko perlengkapan safety di Indonesia. Sedangkan untuk harga jual, harga ROR detector ini berada pada rate mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribuan. Harga ini juga tergantung dengan brand dan juga fitur dari ROR detector yang akan dibeli.

Selain di toko perlengkapan safety, anda juga dapat membeli alat ini di sejumlah marketplace Indonesia seperti tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya. 

Sebagai tambahan, ketika membeli Heat Detector ROR ini, kami menyarankan agar anda memilih brand terkenal seperti Hooseki, Almo, Nittan, Xiaomi Mijia dan lainnya. 

Sejumlah Heat Detector ROR dari sejumlah brand ternama biasanya memiliki kualitas yang terjamin dan masa layan yang cukup panjang. Meskipun harganya mungkin akan sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan brand yang tidak dikenal.

Standar Pemasangan ROR Detector

Terkait dengan pemasangan Heat Detector jenis ROR, instalasi harus dilaksanakan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku di negara pengguna. Untuk di Indonesia, panduan instalasi ROR detector sendiri adalah SNI 03-3985-2000 yang memuat perihal:

  • Tata cara perencanaan
  • Pemasangan 
  • Pengujian sistem deteksi alarm

Untuk informasi lebih lengkapnya, anda dapat langsung memeriksa SNI 03-3985-2000 tersebut di pencarian internet.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai ROR Heat detector, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya. Jangan lupa untuk mengikuti blog ini, agar tidak ketinggalan artikel informatif seputar teknologi lainnya dari kami. Terima kasih telah mampir dan membaca.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version