Pernah kebayang ga, sebuah game modern bisa dimainkan lewat konsol jadul? Nah, itulah yang berhasil dilakukan oleh seorang programmer bernama Sebastian Staacks, yang membuat Grand Theft Auto V bisa dimainkan lewat Nintendo Game Boy! Melalui blog, There Oughta Be, Staacks menjelaskan bahwa dirinya membuat cartridge WiFi Game Boy yang membuatnya dapat melakukan streaming game terbaru lewat konsol handheld yang pertama kali rilis pada tahun 1989 ini.

“Beberapa minggu yang lalu Saya membuat catridge Game Boy dengan builtin WiFi. Sekarang Saya mengajarkannya untuk streaming video dan bermain game dalam resolusi penuh, berjalan 20 fps, pada Game Boy original yang tidak dimodifikasi.” tulis Staacks di blog.

Detail tentang bagaimana Staacks bisa menjalankan GTA 5 di Game Boy ini memang bisa dibilang sedikit rumit dan tidak mungkin bisa direplika oleh banyak orang. Seperti yang bisa dilihat dari video, game ini pada dasarnya berjalan dari konsol PlayStation ke laptop yang menggunakan sistem operasi Linux, kemudian melakukan tugas berat untuk mengirim informasi ke cartridge WiFi tersebut.

“Saya dapat menampilkan apa saja dan Saya dapat mengontrol apa pun yang dapat ditampilkan dan dikendalikan oleh PC saya. Tentu saja, antarmuka dan gambar hampir tidak dapat digunakan dengan cara ini, jadi beberapa implementasi khusus mungkin masih menarik. Dan juga, Saya tidak menyentuh audio di sini, yang sayangnya ini merupakan kesalahan besar yang Saya lakukan saat merancang cartridge ini.” kata Staacks.

Seperti yang bisa kamu lihat lewat video demo di atas, game besutan Rockstar Games ini terlihat seperti game yang memang berjalan pada konsol genggam klasik ini, lengkap dengan grafis hijau monokrom. Staacks juga diminta oleh penggemarnya untuk menampilkan game Doom, yang berjalan dengan cara yang sama.

Game Boy sendiri adalah sebuah konsol genggam 8-bit yang dirancang oleh Nintendo. Ini merupakan sebuah produk yang berperan penting dalam industri game pada saat itu, dan menjadi sesuatu yang fenomenal saat pertama kali dirilis tanggal 21 April 1989. Nintendo sukses menjual lebih dari 118 juta unit Game Boy di seluruh dunia. Secara keseluruhan, apa yang dilakukan oleh Staacks ini sangat mengesankan dan ini menunjukkan seberapa besar dedikasi penggemar dalam hal memodifikasi game untuk berjalan pada teknologi lama.

Selalu update berita game terbaru seputar Games dan Gaming hanya di MyMovement.id

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version