Penting! Ini Cara Meningkatkan Frame Rate dalam Bermain Game

February, 09 2021

Bermain dengan frame rate maksimal tentu saja akan semakin memuaskan pengalaman Lo dalam bermain game.  Banyak cara yang bisa dilakukan buat meningkatkan frame rate dalam bermain game. Buat gamers beginner, intip penjelasan dan cara ningkatin frame rate dalam permainan Lo, yuk!

 

 

Apa Itu FPS atau Frame Rate dalam Bermain Game?

Frame Rate merupakan jumlah frame gambar yang ditampilkan oleh graphic card per detik secara berurutan. Satuannya biasa disebut dengan Frame Per Second (FPS). Istilah ini sering digunakan dalam video, film, animasi, dan juga game. Semakin tinggi frame rate yang bisa ditangkap dalam satu detik, maka akan semakin mulus gambar atau grafik yang dihasilkan.

 

Sebelum lanjut, simak dulu nih beberapa fakta terkait FPS:

  • Bukan soal jaringan - Mungkin ini hal yang sering jadi salah kaprah. Perlu diketahui bahwa besar kecilnya FPS yang Lo dapat dalam sebuah game itu ga dipengaruhi sama koneksi atau jaringan, tapi dari monitor dan graphic card.
  • Mesin kerja berat - Semakin tinggi FPS yang didapat, semakin berat kerja mesin hape atau PC Lo. Itulah mengapa beberapa game--khususnya mobile--ga menyediakan opsi high frame rate untuk menjaga suhu dan baterai supaya ga boros.
  • Smartphone Gaming - ROG Phone 3 merupakan salah satu hape dengan spesifikasi khusus gaming. Hape ini mampu memainkan game mobile dengan frame rate di atas rata-rata hape lainnya sampai 144 FPS.

 

 

Berapa FPS yang Layak untuk Bermain Game?

Untuk game mobile, FPS yang digunakan biasanya adalah 30 sampai 60 FPS. Sedangkan pada PC bisa mencapai angka 240 FPS. Bahkan pada monitor PC gaming seperti ROG Swift 360Hz PG259QN, frame rate dihasilkan bisa mencapai 360 FPS.

 

 

Cara Meningkatkan Frame Rate di Windows

  • Update driver - Mengupdate driver bisa meningkatkan kinerja processor dan juga graphic card. Caranya gampang banget. Intel, NVIDIA, maupun AMD Radeon udah menyediakan software yang bisa ngebantu Lo untuk melakukan update. Software-nya juga bisa diunduh di situs web resmi mereka.
  • Setting power options - Untuk meningkatkan FPS, Lo bisa atur power options menjadi high performance. Caranya mudah, buka menu Settings?System?Power?Additional Power Settings, kemudian pilih High Performance.
  • Defrag hard disk - Buat Lo yang masih menyimpan game di hard disk, Lo harus rutin melakukan defrag untuk meningkatkan FPS pada perangkat Windows. Caranya tinggal ketik ‘defragdi Menu Start, kemudian pilih Defragment and Optimize Drives. Tapi, cara ini sangat tidak dianjurkan buat Lo yang udah menyimpan game di SSD karena itu bakal bikin SSD Lo cepet rusak.

 

 

Cara Meningkatkan Frame Rate di Android

Meskipun rata-rata frame rate pada game mobile adalah 30 FPS,  masih bisa meningkatkan  FPS-nya dengan beberapa cara, yaitu:

  • Reboot - Salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk menambah FPS adalah dengan melakukan reboot atau restart perangkat sebelum mulai bermain. Dengan melakukan hal ini, RAM perangkat mobile Lo akan punya tambahan ruang sehingga game ga akan nge-lag meskipun dengan FPS tinggi.
  • Setting gameplay paling rendah - Dengan menyeting mode grafik paling rendah akan meningkatkan jumlah frame rate dalam permainan. Meskipun hasil gambar yang dihasilkan menjadi kurang nyata dan tajam, tapi permainan dijamin lancar dan tetap seru.
  • Aplikasi game booster - Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat menunjang performa perangkat Lo, khususnya dalam bermain game. Banyak pilihan aplikasi yang bisa langsung Lo install, seperti UU Game Booster, Dr. Booster, dan GameZpeed. Dengan aplikasi tersebut, Lo ga hanya bisa mengatur FPS yang diinginkan, tapi juga bisa mengurangi ping, mengoptimalkan RAM, sampai menghemat daya baterai.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa MOVE Creators lakukan buat ningkatin frame rate dalam bermain game. Untuk bisa ngerasain pengalaman nge-game dengan lebih maksimal, Lo bisa juga cek rekomendasi hape gaming terbaik. Selamat mencoba, ya!

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators