Di era sekarang yang sudah secanggih ini, penggunaan hardisk sangat penting dan banyak dipakai. Semua orang menggunakannya untuk ruang penyimpanan tambahan apabila di laptop sudah tidak muat lagi.

Namun ada kalanya, hardisk mengalami gangguan, untuk mengatasinya maka harus mengetahui cara mengatasi hardisk yang tidak terbaca tersebut.

Hardisk yang tak terbaca bisa menyebabkan masalah bagi sang pemilik, hal ini dikarenakan hardisk tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya maka berikut ini akan diberikan sejumlah cara untuk menangani hardisk yang tak terbaca sebagai solusi.

Simak penjelasan berikut ini:

5 Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

1. Hubungkan Port USB Lain

Salah satu cara termudah untuk mengatasi masalah hardisk tidak terbaca adalah dengan menghubungkan ke Port USB yang lain. Sambungkan kabel USB hardisk kepada port lain yang ada di bodi laptop atau CPU. Sebab hardisk tidak bisa terbaca karena ada masalah.

Masalah ini biasanya ada di port yang digunakan terdapat gangguan, sehingga cara mengatasinya adalah dengan memakai port yang lain. Cara ini terbukti efektif dan ampuh untuk membaca dan menampilkan isi hardisk yang tidak dapat dibaca tersebut.

2. Ganti Kabel USB

Bisa jadi Port USB di laptop aman, namun masalah yang terjadi adalah pada kabel USB-nya sehingga hardisk sama sekali tidak bisa dibaca. Jika sudah begini, sebaiknya silahkan ganti kabel USB yang digunakan. Ini merupakan hal yang penting agar hardisk bisa terbaca lagi.

Cara penggantian kabel USB bisa dilakukan dengan membeli kabel USB yang baru. Setelah itu sambungkan kabel USB dengan perangkat lain yang hendak dikaitkan ke laptop atau komputer. Maka dijamin dengan mengganti kabel USB yang baru ini, hardisk dapat terbaca.

Baca juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop

3. Update Driver Hardisk

Melakukan update driver hardisk termasuk ke dalam cara mengatasi hardisk yang tidak terbaca. Cara ini terbilang mudah dan tidak ribet, oleh karenanya sering dipakai oleh kebanyakan orang untuk mengatasi masalah hardisk yang tidak terbaca datanya.

Kerap kali hardisk tidak terbaca karena driver sudah usang sehingga tidak mampu membaca data yang ada di dalam hardisk tersebut. Sehingga apabila ada notifikasi terkait pembaruan update driver hardisk, sebaiknya segera lakukan update untuk menghindari kendala ini.

4. Ganti Letter Hardisk

Selanjutnya para pengguna bisa mengganti letter hardisk untuk menangani masalah hardisk yang tidak bisa dibaca ini. Letter hardisk adalah huruf kapital yang sering muncul di samping nama hardisk. Banyak yang tidak tahu kalau hardisk tidak terbaca sebagai akibat dari letter.

Pada beberapa kasus, Letter tidak muncul sehingga menyebabkan perangkat hardisk jadi tidak terbaca sama sekali di laptop. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya segera benahi dulu dulu letter tersebut, berikut ini akan diberikan caranya.

  • Buka disk management.
  • Ubah letter harddisk.
  • Tambahkan letter.
  • Atur disk management.

5. Pakai CMD

Selain memakai cara-cara di atas, pengguna juga bisa memakai CMD untuk menangani masalah hardisk yang tidak terbaca. CMD atau Command Prompt bisa digunakan untuk mengatasi kendala ini. Meski terbilang mudah, namun masih ada yang belum tahu caranya.

Untuk itulah berikut ini akan diberikan cara mengatasi hardisk yang tidak bisa dibaca dengan memakai CMD. Bagi yang masih belum tahu, maka silahkan ikuti petunjuk yang akan diberikan berikut ini:

  • Buka command prompt.
  • Ketik perintah ‘chkdsk’.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Cek lagi apakah hardisk sudah terbaca.

Demikian informasi mengenai beberapa cara mengatasi hardisk yang tidak terbaca. Cara yang telah disebutkan merupakan cara yang mudah untuk dilakukan sehingga bisa diterapkan oleh pengguna secara manual.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version