Biasanya, game menjadi salah satu solusi hiburan untuk sebagian orang saat penat mengerjakan banyak pekerjaan. Meskipun permainan, banyak juga berbagai macam game untuk mengasah otak yang dapat memberikan banyak manfaat. Bermain game yang dapat mengasah otak ini tentunya dapat melatih fokus dan meningkatkan daya ingat. Penasaran game apa saja yang wajib dicoba? Yuk, simak penjelasannya sampai habis ya!

1. Roll The Ball

Aplikasi game yang diluncurkan oleh BitMango ini cukup populer, sehingga sudah dipakai oleh 100 juta pengguna lebih. Dengan mengunduhnya di Play Store, pemain sudah dapat memainkan game ini dengan menyambung pipa-pipa yang masih terputus. Jika semua pipa sudah tersambung, pemain dapat meluncurkan bola ke gol sesuai dengan jalan pipa yang sudah disambung.

Meskipun game ini terbilang simple, namun cukup menguras pikiran. Tujuan game ini adalah untuk meningkatkan kelincahan serta koordinasi antara mata dengan tangan. Tidak hanya tersedia di Android, Roll The Ball ini juga tersedia di PC dan tablet.

2. Tile Connect

Game untuk mengasah otak yang selanjutnya ini dikembangkan oleh Higgs Studio dengan pengguna lebih dari 50 juta. Pemain harus memasangkan ubin-ubin dengan gambar yang berpasangan pada waktu yang terbatas. Pemain akan naik level jika berhasil menghancurkan seluruh ubin yang ada.

Selain itu, pemain juga bisa melihat berbagai macam koleksi gambar ubin, mulai dari hewan, buah – buahan, pakaian hingga kue. Game ini tentunya bertujuan untuk melatih kefokusan serta konsentrasi pada otak.

3. Unblock Me Free

Saat memainkan permainan ini, pemain dituntut harus memiliki daya logika serta fokus yang tinggi. Tugas pemain dalam game ini yaitu memindahkan balok berwarna coklat supaya tidak menghalangi balok merah yang akan keluar jalur. Terdapat 3 tingkatan pada game ini, mulai dari santai, tantangan dan harian.

Tidak perlu khawatir, pemain juga dapat memainkannya secara online maupun offline. Tujuan dari permainan ini yaitu untuk melatih memecahkan masalah serta meningkatkan pengetahuan kognitif pada pemain. Tidak hanya di Android saja, para pengguna iOS pun juga bisa mengunduhnya di App Store.

4. Puzzle Otak Cepat

Game ini sangat tepat untuk para pemain yang ingin mengasah otaknya dalam hitung – menghitung. Pada game ini terdapat teka-teki seperti, kuis matematika, pemecahan masalah matematika, dan latihan penjumlahan hingga pembagian. Selama permainan, ada waktu yang akan menghitung, sehingga pemain diharuskan fokus pada teka-teki agar waktu permainan cukup.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua usia, termasuk orang dewasa. Tujuan permainan ini adalah melatih kecepatan dalam berpikir dengan waktu yang terbatas. Semakin cepat pemain menyelesaikan teka-teki yang diberikan, akan semakin tinggi nilai yang akan diperoleh.

5. Kahoot

Selama pembelajaran online diterapkan, aplikasi Kahoot ini seringkali dijadikan media belajar sambil bermain untuk para siswa agar tidak mudah bosan. Dengan Kahoot, pemain dapat mengerjakan berbagai macam kuis.

Seperti jajak pendapat, teka-teki, pertanyaan terbuka hingga perpustakaan gambar. Pemain bisa mengerjakan kuis berdasarkan kategori yang telah dipilih. Selain dapat diunduh melalui Android dan iOS, pengguna juga bisa memainkannya di situs Kahoot.com. Menarik, bukan?

Semakin banyak game untuk mengasah otak yang kamu mainkan, akan semakin baik untuk melatih daya ingat serta konsentrasi terhadap suatu tugas. Jangan khawatir, game di atas juga bisa dimainkan oleh anak-anak. Nah, kira-kira permainan mana yang sudah menjadi favorit dan senang untuk dimainkan, ya?

Baca Juga: Ini Game Yang Bisa Dimainkan Berdua, Bikin Main Game Makin Seru

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version