Fire sprinkler adalah salah satu alat yang menjadi bagian dari sistem pemadam kebakaran gedung, bersama dengan hydrant, heat detector, fire alarm system dan alat lainnya. 

Pada artikel kali ini, kami akan khusus mengajak anda mengenal lebih banyak tentang fire sprinkler ini.

Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini.

Fire Sprinkler Adalah..?

Fire sprinkler adalah sebuah alat yang memiliki fungsi otomatis untuk memadamkan api di sebuah ruangan. Umumnya, alat safety ini dapat ditemukan di sejumlah ruangan di fasilitas umum yang rawan akan kebakaran seperti rumah sakit, pabrik, apartemen dan lainnya. 

Nama sprinkler sendiri memiliki arti molekul atau butiran. Hal ini didasarkan pada cara kerja dari fire sprinkler yang menembakkan molekul air seperti bulir hujan untuk memadamkan api.

Cara kerja Fire Sprinkler Adalah..?

Pada bagian sebelumnya, kami telah sedikit memberikan gambaran mengenai cara fire sprinkler ini memadamkan api. Namun secara keseluruhan, fire sprinkler ini akan aktif ketika terjadi 

peningkatan suhu ruangan dengan jumlah derajat yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Ketika terdapat api yang menyala di dekat sprinkler ini, maka sensor panas sprinkler akan mendeteksinya dan diikuti menembakkan semburan air yang keluar dari nozzle. untuk memadamkan api.

Sprinkler sendiri dapat dikatakan ke dalam kategori alat safety yang rumit. terdapat banyak komponen yang diperlukan untuk membuat sistem fire sprinkler ini dapat bekerja dengan baik. 

Fire Sprinkler System

Umumnya, sistem fire sprinkler yang umumnya digunakan di gedung memiliki 5 jenis berbeda. Adapun kelima jenis sistem sprinkler tersebut meliputi:

Wet Pipe System

Wet Pipe System ini adalah jenis sistem fire sprinkler yang menyambungkan sumber air langsung dengan jet sprinkler. Sehingga jika terdapat panas yang terdeteksi oleh sprinker, maka air akan secara otomatis ditembakkan untuk memadamkan api.

Dry Pipe System

Sistem Dry Pipe ini memiliki sistem yang hampir sama dengan sistem Wet Pipe sebelumnya. Namun yang menjadi pembeda di antara keduanya, pada sistem sprinkler ini, sprinkler dihubungkan dengan nitrogen, bukan sumber air.

Sehingga, ketika sprinkler mendeteksi adanya api, maka sprinkler akan menembakkan nitrogen untuk memadamkan api.

Deluge System

Pada sistem deluge ini, beberapa fire sprinkler dihubungkan ke sistem perpipaan yang menuju ke sumber air (dipasang dengan menggunakan valve). Singkatnya, pada sistem sprinkler ini, sumber air terhubung dengan beberapa sprinkler. Sehingga ketika sprinkle mendeteksi ada nya api, maka valve akan terbuka dan mengaktifkan semua fire sprinkler.

Pre-Action System

Sistem fire sprinkler otomatis yang disambungkan ke sistem yang didalamnya udara, baik bertekanan ataupun tidak.

Combiner Dry Pipe

Sistem sprinkler ini merupakan kombinasi antara sistem sprinkler jenis wet pipe dan dry pipe. Pada sistem sprinkler ini, seluruh pipanya memiliki udara bertekanan. Sehingga alat pendeteksi aktif, maka katup valve pada sistem akan terbuka  dan air serta udara keluar melalui sprinkler.

Instalasi Fire Sprinkler di Ruangan

Proses pemasangan atau instalasi fire sprinkler ini pada dasarnya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Untuk dapat membuat fire sprinkler ini dapat berfungsi dengan baik, sangat disarankan agar pemasangannya dilakukan mengikuti standar keamanan yang berlaku.

Standar keamanan yang berlaku di sini sendiri adalah SNI 03-3989- 2000. Anda dapat langsung memeriksa standar ini di pencarian internet.

Berapa Harga Fire Sprinkler di Pasaran?

Bicara mengenai harga, fire sprinkler memiliki harga jual yang bervariasi di pasaran, tergantung dengan jenis dan brand nya. Namun umumnya alat ini dibandrol dengan rate harga mulai dari 50 hingga 300 ribuan (brand bagus).

Fire sprinkler ini sendiri dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko alat safety dan juga marketplace Indonesia. Kami sendiri menyarankan agar anda membeli fire sprinkler yang memenuhi standar SNI atau standar internasional lainya.

Lebih baik lagi jika anda membeli fire sprinkler dengan brand ternama seperti VIKING, TYCO dan lainnya.

Sekian ulasan singkat dari kami mengenai fire sprinkler. Alat fire sprinkler adalah salah satu bagian penting dan tidak dapat dihilangkan dari sebuah sistem pemadam kebakaran gedung. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik lainnya seputar dunia teknologi yang kami siapkan dengan mengikuti blog ini. Terima kasih telah mampir dan membaca.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version