Konsol pencampuran suara menerima berbagai sumber suara, termasuk mikrofon, media suara, pemutar CD, tape deck, atau data, bagaimana cara setting sound system yang baik dan benar? Mixer suara audio adalah perangkat sistem suara yang dapat mendukung 2 (dua) atau lebih saluran input audio sebagai satu sistem suara. 

Penting untuk mengetahui dan memahami peran tombol pemutar dalam sistem suara mixer. Kondisi susunan tombol tiap pabrik seringkali berbeda. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Speaker Terbaik, Murah Meriah!

cara setting sound system yang baik dan benar

Apa saja fungsi tombol sound system

Berikut ada beberapa fungsi tombol sound system yang harus kaiian pahami, kami sampaikan secara detail.

  1. Tombol eq high, tombol eq middle, tombol middle freq, tombol eq low

Atur ukuran untuk masing-masing tombol ini karena pengaturan vokal mungkin berbeda. Agar dia bisa bernyanyi dengan benar, telinganya harus peka untuk mendengar. 

Pria dan wanita memiliki gaya vokal yang sangat berbeda, jadi cobalah terdengar seperti aslinya. Volume geser (slider) yang terbuat dari potensiometer geser (resistor variabel geser) digunakan untuk menambah dan mengurangi level audio pada saluran. 

2. Tombol channel level control (volume channel)

Tombol pada konsol mixer profesional biasanya disebut “tombol kontrol level saluran” (volume saluran). Menggunakan tombol ini untuk mengatur volume suara dengan menggesernya ke atas dan ke bawah, berguna jika suara terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Input channel jack 

Setup berjalan mudah dari mixer sound system. Pin ini terletak di bagian atas mixer untuk input dari mikrofon atau perangkat musik lainnya. Ada dua jenis jack female xlr dan jack telepon trs yang tersedia pada saluran input ini, keduanya melakukan fungsi yang sama. Cara setting sound system yang baik dan benar sangat simple bukan?

4. Tombol low cut switch

Ini adalah tombol on atau off untuk memotong nada rendah, juga dikenal sebagai HPF (High Pass Filter). Digunakan untuk menghilangkan tiupan angin atau mulut vokalis di microphone. Saat sumber musik dicolokkan ke sistem, saran kami adalah, jangan menyalakan saklar ini. 

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video Yang Lagi Hits Di Instagram, Paling Populer 2022

cara setting sound system yang baik dan benar

5. Tombol gain sensitive (gain sens)

Tujuan dari tombol ini adalah untuk meningkatkan sensitivitas sumber input. Jika Anda ingin memperbesarnya, putar ke kanan, dan sebaliknya, untuk mengecilkannya. Dengan cara ini, sensor penguatan memberikan rentang penguatan yang cukup lebar di panggung depan mixer preamp. Untuk pemutar Vcd, coba setel gain sensitif di bawah 0 dbu untuk menghindari kelebihan beban.

6. Tombol main master level control

Tombol putar kontrol tingkat master pada tombol master dapat digunakan untuk menyesuaikan volume keseluruhan. Ada dua tombol volume untuk posisi salon kiri dan kanan, coba seimbangkan kedua tombol ini saat memutar suara. Cara setting sound system yang baik dan benar, tidak membutuhkan banyak langkah.

Cara mencampur suara yang benar adalah dengan mendengarkannya di tengah dan jauh ke depan, sehingga dapat didengar secara keseluruhan. Jadi, ada beberapa panduan tentang cara setting sound system yang baik dan benar. Karena ini adalah teknik dasar dan bukan teknik profesional, tutorial ini singkat. 

Bagaimana cara memasang sound system dengan benar

Selain mengetahui cara menggunakan mixer, Anda harus memperhatikan kabel dan suara yang digunakan. Langkah-langkah yang kami bagikan ini untuk mengenai cara setting sound system yang baik dan benar, langkah-langkahnya sebagai berikut: 

1. Memasang mixer audio 

Sebagai langkah pertama dalam memasang sound system dengan benar, pasanglah audio mixer. Mixer audio adalah perangkat yang menggabungkan suara dari alat musik dan suara manusia ke dalam satu file audio. 

2. Memasang equalizer 

Perangkat sound system berikutnya dipasang setelah equalizer dipasang. Equalizer berfungsi sebagai pemilih frekuensi suara alat musik agar output audio tidak menjadi cempreng atau nyaring. Output dari equalizer ini akan dikirim ke power amplifier dan dijalankan dengan cara ini. 

Equalizer ini juga bisa digunakan pada vocal speaker atau monitor. Sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan pada sound system lapangan dengan kondisi terbuka lebar. Kalian harus memahami cara setting sound system yang baik dan benar.

cara setting sound system yang baik dan benar

3. Aktifkan crossover 

Ada dua jenis crossover yang perlu Anda ketahui sebelum mengaktifkannya. Crossover pasif adalah crossover yang tidak aktif dan aktif memiliki dua jenis yang berbeda. 

Crossover pasif tidak perlu menggunakan listrik dan hanya bisa dipasang di box speaker, namun crossover aktif tentunya lebih mampu menghubungkan ke semua speaker, meski membutuhkan colokan listrik. 

4. Aktifkan power dan speaker

Power merupakan alat penerus berbagai jenis perangkat bergerak yang merupakan bagian dari tata suara, sedangkan speaker adalah perangkat yang dimaksudkan untuk menghasilkan suara dari rangkaian perangkat yang ada. Kedua hal ini adalah hal terakhir yang perlu Anda instal, dan Anda tentu harus memahaminya!

Demikian informasi kami sampaikan mengenai cara setting sound system yang baik dan benar, kalian bisa menerapkannya langsung.

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Download Video Youtube Gratis

Exit mobile version