Pertumbuhan komputer dan jaringan terus berjalan dengan pesat, lalu bagaimana cara setting mikrotik dengan winbox? Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia tersebut, mengetahui cara men-setup Mikrotik dengan Windows dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. 

Mengingat bidang ini telah meledak selama bertahun-tahun, sebelum masuk ke pembahasan yang mendetail, Anda harus memahami ruang lingkup Mikrotik itu sendiri. Dalam proses setting mikrotik, dhcp server, dns server, dan gateway server merupakan tiga komponen penting.

Baca juga: 6 Cara Setting Sound System Yang Baik Dan Benar, Terbaru 2022

cara setting mikrotik dengan winbox

Apa itu winbox?

Winbox merupakan alat bantu administrasi dalam proses setting proxy. Winbox mendukung Windows, Mac OS, dan Linux untuk penggunaan sendiri, meskipun administrasi Mikrotik dapat dilakukan menggunakan webbox. 

Pengembangan winbox yang membuat proses akses lebih mudah. Cara setting mikrotik dengan winbox akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Ingin memberikan penjelasan tentang cara setting mikrotik dengan winbox. 

Tujuannya agar dapat menggunakan antarmuka pengguna grafis sehingga proses konfigurasi menjadi sederhana. Sebelum memulai proses konfigurasi proxy, sebaiknya buat dulu topologinya. Untuk data yang diperlukan, kita akan mengasumsikan sebagai berikut: 

  • Network, 192.168.22.0/30
  • Router, 192.168.22.2 
  • Gateway, 192.168.22.1 

Bagaimana cara setting mikrotik dengan winbox

Berikut ini adalah petunjuk lengkap cara setting mikrotik dengan winbox. Proses mendapatkan internet melibatkan beberapa alat yaitu port 2, port 3, pc, dan modem mikrotik. 

1. Menggunakan metode mikrotik

Dengan modem Mikrotik dan kemudian pc, Anda dapat mulai menghubungkan antara port 2 dan port 3, kemudian jalankan winbox dan cari. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

  • Connect to 
  • Login 
  • Password (bisa dikosongkan) 
  • Lalu klik connect. 

Di sebelah kiri, deretan menu berjalan dari atas ke bawah, namanya adalah daftar fungsi yang dapat digunakan selama proses pengaturan mikrotik. Dari pengaturan berbasis wizard hingga pengaturan manual yang lebih mudah, mengubah nama antarmuka mikrotik memungkinkan Anda untuk mempermudah dalam membuat pengaturan seperti menghubungkan port. Cara setting mikrotik dengan winbox tidak sulit apabila anda berusaha lebih keras dari biasanya.

Baca juga: 4 Aplikasi Perekam Suara Menjadi Teks, Rekomendasi Terbaru 2022

cara setting mikrotik dengan winbox

2. Mengubah username interface pada mikrotik

Ini dapat membantu menyederhanakan proses koneksi dengan mengubahnya menjadi username singkat dan tidak mudah dilupakan. Cukup klik pada menu antarmuka, dan jendela baru akan terbuka sebagai berikut. Ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan daftar alamat proxy di bawah ini. 

  • Klik menu IP, lalu klik address, dan terakhir klik tanda plus. 
  • Alamat url: masukkan 192.168.22.2/30 (contoh) 
  • Bagian Jaringan: biarkan kosong. 
  • Bagian interface: masukkan ether 2 
  • Silahkan klik OK. 

3. Menambahkan address list lan di mikrotik

Tambahkan daftar alamat lan ke mikrotik, Anda dapat menambahkan daftar alamat lan ke mikrotik, setelah itu baru bisa mengisi ip. Tujuannya disini adalah untuk membuat ip lan. Caranya seperti point diatas. Cara setting mikrotik dengan winbox harus dijalankan oleh semua pengguna.

  • Silahkan klik menu ip, lalu klik address, dan terakhir klik tanda plus. 
  • Alamat: Isikan 10.22.22.1/24 (conth) 
  • Jaringan: Kosongkan 
  • Antarmuka: Isi ether 3 
  • Silahkan klik menu OK. 

Agar tidak bingung, silahkan tambahkan komentar pada masing-masing ip address agar bisa dibaca nanti. Komentar diberi label wan dan lan untuk membedakannya. Tampilan akan berubah sesuai dengan cara memasukkannya setelah Anda mengisinya. Cara setting mikrotik dengan winbox langkahnya sederhana, dan semua kalangan bisa mengaplikasikannya secara mandiri.

cara setting mikrotik dengan winbox

4. Jangan lupa setting dns server di mikrotik

Silakan atur server dns di mikrotik. DNS biasanya sudah diatur dan tersedia untuk Anda oleh ISP. Jika sudah memiliki data dns, silahkan masukkan di menu dns di mikrotik. Namun jika belum memilikinya, maka gunakanlah. 

Jika anda kurang paham cara settingnya, jangan menyerah, ada seorang admin customer care yang akan memberikan bantuan kepada kalian semua. Sehingga anda bisa menggunakan koneksi dengan aman dan nyaman.

Semuanya langkah yang  kami informasikan sangat jelas dengan bahasa sederhana, tentu kalian bisa melakukan step by step dengan pikiran yang fresh.

Harap waspada dan perhatikan baik-baik informasi yang kami sampaikan, jangan lupa untuk terus mempelajari mengenai cara setting mikrotik dengan winbox agar kedepannya semua proses yang diharapkan bisa selesai dengan lancar.

Baca juga: 4 Rekomendasi Speaker Terbaik, Murah Meriah!

Exit mobile version