Zoom menjadi platform penyedia layanan meeting jarak jauh yang populer. Salah satunya adalah registrasi peserta yang bisa dibuka oleh host. Fitur tersebut memungkinkan penyelenggara mendapatkan data diri peserta secara lengkap untuk keperluan akademisi maupun bisnis.

Cara registrasi webinar zoom yang dilakukan oleh host lebih lengkap akan dijelaskan di bawah ini:

Cara Registrasi Webinar Zoom

1. Login ke Platform Zoom Via Browser

Sebelum zoom meeting dimulai, apabila host ingin membuat format zoom dengan menu tambahan registrasi peserta, terlebih dahulu harus login zoom via browser. Sebab layanan zoom via browser memang menghadirkan banyak menu pengaturan yang dibuat agar lebih mudah.

Jika telah memiliki akun zoom bisa langsung login kemudian masuk ke menu meetings untuk melanjutkan pengaturan.

2. Susun Schedule Meeting

Cara registrasi webinar zoom agar bisa diakses oleh peserta sebelum meeting berikutnya yakni host menyusun schedule pertemuan. Tahap tersebut perlu dilakukan untuk membantu dalam mengorganisir jalannya acara supaya dapat berjalan lancar.

Pengaturan tersebut bisa diakses melalui menu meeting yang terdapat pada akun zoom. Tahapan yang dilakukan host dalam menyusun schedule yakni:

  • Klik schedule and new meeting pada menu meeting.
  • Kemudian tambahkan informasi pertemuan tersebut berupa data seperti nama event, waktu dan tanggal penyelenggaraan, serta durasi pertemuan.
  • Setelah itu host bisa memberi tanda ceklis pada kotak kecil disamping keterangan registration bertuliskan required untuk mengaktifkan fitur registrasi yang nanti akan diisi oleh peserta sebelum memulai zoom.
  • Untuk menyelesaikan proses penyusunan schedule, host bisa langsung save dan otomatis data tersimpan untuk keperluan pertemuan tersebut

3. Atur Menu Registration

Langkah berikutnya yakni mengatur menu registration yang terletak di bagian paling bawah beranda zoom. Klik tombol edit di sebelah kanan tulisan registration options. Selanjutnya host bisa menyesuaikan pilihan persetujuan dan pemberitahuan serta beberapa pengaturan lainnya.

Host juga bisa menentukan tanggal terakhir pendaftaran, dan menampilkan tautan yang bisa di share ke sosial media.

Baca juga: Cara Mengisi Daftar Hadir di Zoom

4. Buat Pertanyaan

Tahap berikutnya untuk melanjutkan cara registrasi webinar zoom yakni dengan membuat pertanyaan pada tab question yang ada di menu registrations. Host terlebih dahulu memilih berbagai pertanyaan umum berisi informasi yang tersaji di opsi fields dengan memberi tanda centang pada kolom kecilnya.

Sajian pertanyaan umum tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang terkait dengan agenda acara.

Selanjutnya host masuk pada menu lanjutan bertuliskan custom questions yang merupakan tempat membuat pertanyaan personal secara manual. Pada kolom tersebut host bebas memberikan pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan proses registrasi di meeting zoom.

Selain itu bentuk pertanyaan juga bisa dibuat dalam format essay atau pilihan ganda untuk mempermudah host menganalisis hasil jawaban peserta zoom.

5. Simpan dan Salin Tautan Link Rapat

Ketika seluruh proses pembuatan form registrasi untuk para peserta zoom meeting selesai, pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah disimpan sebelumnya. Kemudian host tinggal menekan button save all pada bagian sudut kanan bawah jendela utama zoom.

Setelah itu siapapun bisa mengakses tautan undangan rapat yang telah dibagikan host dan mengisi data informasi diri untuk registrasi.

Metode penyematan question form peserta lewat registrasi yang disediakan zoom kerap digunakan para pelaku usaha dalam dunia bisnis. Fitur tersebut sangat bermanfaat untuk membantu penyelenggara event dalam menganalisis profil peserta yang berpartisipasi.

Cara registrasi webinar zoom sangatlah mudah dan tentunya data yang diterima dapat berpengaruh pada keperluan marketing dan bisnis.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version