TikTok Shop telah menjadi platform penting untuk para pemilik bisnis dalam rangka memaksimalkan pemasaran produk mereka. Oleh karena itu, mengetahui cara menambah produk di TikTok Shop sangat penting bagi para penjual.

Berikut ini adalah panduan lengkap yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Mengenal TikTok

TikTok adalah aplikasi media sosial yang berfokus pada pembuatan dan berbagi video pendek. Aplikasi ini memberikan peluang besar bagi pengguna untuk mempromosikan dan menjual produk mereka.

Ketika Anda memutuskan untuk melangkah ke dunia e-commerce, penting untuk memanfaatkan semua platform yang tersedia, dan TikTok Shop bisa menjadi alat yang sangat berharga. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan produk ke TikTok Shop Anda.

Dengan kombinasi strategi yang tepat dan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh TikTok, bisnis dengan berbagai ukuran dan jenis produk dapat mencapai kesuksesan dalam menjual produk mereka di platform ini. Meskipun bagian terbesar dari audiens TikTok adalah generasi muda, jangkauan aplikasi ini terus melebar.

Ini memberikan peluang kepada semua bisnis untuk mencapai beragam demografis konsumen. Adapun, fungsi inti dari TikTok sebagai platform hiburan memberikan tantangan unik untuk menciptakan konten menarik dan otentik yang akan menjangkau dan meresonansi dengan audiens.

Persyaratan

Sebelum menambahkan produk, pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan untuk menjadi penjual di TikTok Shop, yaitu:

Bisnis Anda harus memiliki merek yang telah didaftarkan.

Anda harus memiliki bukti bahwa produk yang Anda jual adalah asli dan milik Anda.

Anda harus memiliki Situs Web yang aktif dan berfungsi dengan baik di mana transaksi dapat dilakukan.

Assuming Anda telah memenuhi persyaratan tersebut, sekarang saatnya untuk menambahkan produk Anda ke TikTok Shop.

Mendaftar Sebagai Penjual

Untuk mulai menggunakan TikTok Shop, Anda perlu mendaftar sebagai penjual. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.

Klik “Profile” yang berada di kanan bawah.

Selanjutnya, klik “Settings and Privacy”.

Klik “Manage Account” dan pilih “Switch to Pro Account”.

Pilih ‘Business’ sebagai jenis akun anda dan ikuti petunjuk yang tampil di layar.

Mendirikan Toko Anda Sendiri

Setelah Anda menjadi penjual, Anda bisa mendirikan toko online Anda melalui ‘TikTok Shopping’. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya:

Buka aplikasi TikTok dan pilih ‘TikTok Shopping’.

Pilih “Setup Your Shop” dan ikuti instruksi yang diberikan.

Isi informasi toko Anda dengan benar, termasuk nama toko Anda, alamat email kontak, dan URL situs web Anda.

Setelah semua informasi telah diisi, klik tombol ‘Submit’.

Menambahkan Produk ke Toko Anda

Setelah toko Anda didirikan, Anda sekarang bisa menambahkan produk ke toko Anda. Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah tentang cara menambahkan produk di TikTok Shop:

Klik ‘TikTok Shopping/Tiktok Shop‘ dan pilih ‘Manage Products‘.

Untuk menambahkan produk baru, klik “+” atau “Add New Product/Tambah Produk“.

Anda akan diarahkan ke halaman ‘Upload Product‘. Isi informasi produk seperti nama produk, harga, foto produk, deskripsi, kategori, dan variasi (jika ada).

Setelah mengisi semua informasi, klik “Save“.

Atau cara gampang menambah produk di Tiktok Shop Anda, bisa mengikuti cara gambar diatas.

Langkah Penjualan Produk di Tiktok

Pertama, buatlah konten yang menonjol dan menarik bagi audiens TikTok. Konten harus menampilkan produk dengan cara yang unik dan inovatif, membawa nilai hiburan atau pendidikan untuk pengguna. Dengan kata lain, konten penjualan di TikTok harus terintegrasi secara alami dengan gaya dan format konten platform ini, bukannya sekedar iklan produk.

Selain itu, penggunaan TikTok Ads dapat meningkatkan jangkauan produk dan menarik lebih banyak audiens target. TikTok Ads memungkinkan penjual untuk menargetkan iklan produk mereka ke demografi tertentu, lokasi, atau kelompok pengguna dengan minat tertentu. Iklan ini dapat berupa video in-feed, Brand Takeovers, dan lebih banyak lagi.

Selanjutnya, TikTok juga menawarkan fitur e-commerce “TikTok Shop”. Ini membuat jual beli produk menjadi lebih mudah karena penggunaan platform ini yang penggunaannya cukup mudah dan interaktif. Seller dapat dengan mudah menambahkan link produk pada video mereka, sehingga pengunjung bisa langsung membeli produk yang ditampilkan.

Tips Produk

Berikut beberapa tips agar produk Anda menarik lebih banyak perhatian:

Fotografi Produk: Usahakan foto produk Anda berkualitas tinggi dan menarik. Ini memberikan pengalaman visual yang baik bagi pelanggan dan akan membantu mereka memahami produk Anda dengan lebih baik.

Deskripsi Produk: Sertakan informasi penting dan penjelasan rinci tentang produk Anda. Ini membantu pelanggan memahami apa yang mereka beli.

Harga Bersaing: Menetapkan harga yang kompetitif dapat menarik lebih banyak pelanggan. Lakukan riset pasar untuk menetapkan harga.

Promosi: Jadikan salah satu produk Anda sebagai ‘produk pilihan’ atau tawarkan diskon kepada pelanggan baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambah produk di TikTok Shop Anda dan mulai menjual kepada jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia. Selamat menjual di Tiktok shop.

Baca juga: Cara Mengundang Teman Di Tiktok Lite, Claim Hadiah 100 Ribu Per Hari

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version