Jika kamu mengunduh aplikasi terlalu banyak, memori internal di ponselmu jadi penuh. Kemudian kamu kepikiran memindah aplikasi-aplikasi tersebut, dari memori internal ke memori eksternal. Tapi ternyata kamu belum tahu, bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mudah.

Nah, seandainya kamu mengalami permasalahan tersebut, ada cara cepat dan mudah yang patut dicoba. Kamu bisa memindah aplikasi di memori internal ke kartu SD. Karena kartu SD merupakan memori tambahan, yang fungsinya untuk menyimpan aplikasi-aplikasi atau data dari ponsel.

Dua Macam Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD

Memindahkan aplikasi dari memori ponsel ke kartu SD, sebenarnya ada banyak cara. Dua diantaranya dengan cara berikut ini:

1.  Menggunakan Aplikasi SHAREit

Sebenarnya ada banyak cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Tujuan melakukan pemindahan aplikasi, diantaranya untuk mengurangi beban ponsel. Karena jika memori internal penuh, kerja ponsel lebih lambat dan tidak bisa update aplikasi.

Contoh aplikasi yang digunakan dalam artikel ini adalah SHAREit. Perlu kamu ketahui, bahwa proses pemindahan aplikasi mesti menggunakan dua ponsel atau handphone. Dan dua ponsel yang digunakan, harus sama-sama ada aplikasi SHAREit yang sudah diinstal.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka dan aktifkan SHAREit di ponsel pengirim dan penerima.
  • Ponsel pengirim masuk ke menu folder aplikasi, lalu tandai aplikasi yang akan dipindah. Selanjutnya pilih opsi berikutnya atau next.
  • Matikan pengaturan hotspot, kemudian aktifkan wifi/WLAN dan Bluetooth. Kemudian pilih opsi berikutnya atau next.
  • Pada ponsel kedua, pilih sebagai “perangkat yang menerima”, atau bisa dilakukan dengan scan barcode yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  • Pada ponsel pengirim, segera pilih nama perangkat penerima atau yang mau dikirimi. Jika perangkat penerima belum ditemukan, lakukan pindai ulang.
  • Setelah keduanya terhubung, tunggu sampai file aplikasi terkirim ke ponsel penerima hingga lengkap.
  • Jika sudah lengkap terkirim, silahkan buka menu file manager di ponsel penerima. Pilih menyimpanan internal dan buka menu SHAREit, kemudian tandai aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.  Kemudian “klik” pilih tulisan “pindahkan”, atau pada logo titik tiga vertikal.
  • Pilih kartu SD sebagai penyimpanan tujuan, dan proses pemindahan pun selesai.

2. Menggunakan Bluetooth

Selain menggunakan aplikasi SHAREit, memindahkan aplikasi ke kartu SD juga bisa dilakukan dengan bantuan Bluetooth. Menggunakan aplikasi Bluetooth juga butuh dua perangkat atau ponsel. Langkah-langkahnya juga hampir sama dengan SHAREit, dan perbedaannya ada pada kecepatan share data.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Aktifkan pengaturan Bluetooth pada ponsel pengirim dan penerima.
  • Buka menu file manager pada ponsel pengirim. Tandai satu-persatu file aplikasi yang akan dikirim.
  • Setelah itu pilih logo titik tiga vertical atau pilih tulisan berbagi, kemudian pilih nama perangkat penerima. Jika perangkat penerima belum ditemukan, lakukan pindai ulang.
  • Jika sudah ketemu, segera klik dan tunggu pengiriman hingga selesai. Karena proses pengiriman file aplikasi menggunakan Bluetooth lebih lambat daripada SHAREit, kamu harus lebih bersabar.
  • Setelah proses pengiriman selesai, buka ponsel penerima. Pilih menu file manager dan pilih penyimpanan internal. Buka menu Bluetooth, kemudian tandai file aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.
  • Langkah selanjutnya, pilih logo titik tiga vertikal dan pilih tulisan pindahkan.
  • Terakhir, pilih kartu SD sebagai penyimpanan.

Penutup

Itulah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, beserta langkah menggunakan bluetooth dan SHAREit.

Baca Juga : Begini 4 Cara Registrasi Kartu XL Yang Benar Anti Gagal

Meski tampak ribet karena harus menggunakan dua perangkat, tapi aplikasi tersebut solutif. Apalagi Bluetooth dan SHAREit bisa digunakan saat off line, karena keduanya bebas data.

Exit mobile version