Cara membuat linktree di Instagram mudah dan gratis, tentu sangat penting untuk menyertakan semua link usaha anda di akun Instagram. Sayangnya, Anda hanya dapat menyematkan satu tautan di profil Instagram, tetapi Anda dapat menyematkan beberapa tautan jika tahu cara membuat linktree. 

Sangat penting bagi Anda untuk menyertakan tautan di profil Instagram, karena ketika audiens tertarik dengan usaha anda, jelas akan lebih mudah untuk membeli ketika mereka mengklik tautan yang tersedia. Hanya ini yang dapat Anda lakukan jika tahu cara membuat linktree. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WA Terbaru, Prosesnya Cepat!

cara membuat linktree

Apa itu linktree?

Apa itu linktree? Linktree adalah platform untuk menggabungkan beberapa tautan hanya dalam satu menu. 

Dengan linktree, Anda dapat menggabungkan beberapa pesan situs web hanya dalam satu menu saja. Dalam satu tautan, Anda dapat menyematkan tautan media sosial, Whatsapp, marketplace, dan bisnis web Anda, serta menempatkan tautan tersebut di berbagai platform atau media. 

Linkstree menawarkan lebih banyak fitur daripada sekadar tautan bisnis. Anda dapat meningkatkan potensi trafik dengan setiap link yang dimiliki, baik itu website, media sosial, atau marketplace. 

Linktree berbayar, tetapi menariknya, Anda dapat menggunakannya secara gratis atau berbayar. Namun, fitur tertentu hanya dapat digunakan dalam versi berbayar. Namun, dari versi gratisnya, Anda masih dapat menggunakan fungsi dasar untuk membuat linktree. 

Bagaimana cara membuat linktree?

Setelah memahami apa itu linktree, Anda bisa mempelajari cara membuat link di platform ini. Membuat linktree di instagram cukup mudah, kamu hanya perlu membuat akun dan tidak ada persyaratan yang rumit. Untuk Instagram dan media sosial lainnya, berikut cara membuat linktree. 

1. Masuk ke website resmi linktree

Anda harus mengakses situs resminya dari linktree. Setelah situs terbuka, silahkan klik tombol “Get Started for Free” untuk membuat akun linktree terlebih dahulu. 

2. Segera register

Setelah mengklik tombol “Get Started For Free”, situs akan membawa Anda untuk membuat akun linktree terlebih dahulu. Cara membuat akun linktree sangat sederhana. Setelah memasukkan alamat email, nama pengguna, dan kata sandi Anda, klik tombol ‘daftar’ untuk mengatur akun linktree Anda. 

3. Melengkapi informasi akun

Ketika diminta untuk melengkapi informasi akun linkstree, anda harus mengisinya secara lengkap. Anda akan diminta untuk mengirimkan informasi mengenai tautan. Mulailah dengan nama atau merek dan pilih kategori linktree yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah kategori linktree sudah dipilih, silahkan klik “I’m not a robot” lalu klik “Lanjutkan”.

Baca juga: 5 Cara Ubah Link Ke Bit.ly, Solusi Link Panjang

cara membuat linktree

4. Pilih plan linktree

Setelah Anda menyelesaikan semua metode di atas untuk membuat linktree, Anda diminta untuk memilih paket linktree atau versi akun, dengan dua jenis paket: gratis dan berbayar. Versi Pro biasanya direkomendasikan sebagai alternatif “bernilai baik” dibandingkan versi gratis, dengan harga mulai dari Rp. 49.000. Cara membuat linktree sangat mudah.

Perbedaan utama dari keduanya tentu saja fitur yang bisa Anda akses. Anda hanya dapat menggunakan versi gratis untuk fitur dasar seperti tautan tak terbatas, jumlah klik, tema linktree, dan sebagainya. 

Namun, untuk menggunakan fitur lain yang lebih canggih, Anda harus mengupgrade ke versi berbayar. Jika Anda sudah memilih versi mana yang akan digunakan, klik “Sign Up” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam membuat akun linktree.

5. Verifikasi email

Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas Anda melalui email yang akan dikirimkan ke email Anda. Setelah Anda menerima email untuk verifikasi, klik “Verifikasi Email” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam membuat akun linktree. Setelah email diverifikasi, maka akun linktree Anda telah dibuat. Cara membuat linktree simple dan tidak memakan banyak waktu.

6. Akses dasbor linktree 

Setelah memverifikasi email, Anda akan diarahkan ke dasbor akun linktree. Dasbor memiliki lima menu, diantaranya:

  • Link: untuk membuat tautan baru.
  • Tampilan: untuk mengatur opsi tampilan linktree, seperti memilih tema, profil, dan sistem untuk mengatur menampilkan informasi. 
  • Pengaturan: pengaturan untuk integrasi email, komersial, ikon sosial, spanduk, program afiliasi, dan sebagainya. 
  • Analytics: gunakan fitur linktree untuk menganalisis data klik. 
  • Tingkatkan ke akun pro: klik tautan ini untuk meningkatkan ke Pro. 
cara membuat linktree

7. Buat Tautan Baru

Sekarang Anda dapat memposting tautan baru ke Instagram menggunakan linktree. Untuk menambahkannya, klik menu links, lalu pilih add new link. Untuk menggunakan judul yang akan muncul di linktree di kolom judul, tambahkan link. Cara membuat linktree sangat mudah bukan?

Misalnya, anda ingin menambahkan tautan ke situs web toko online anda dan chanel lainnya, seperti pasar yang berbeda dan whatsapp.  Untuk menambahkan tautan baru, ulangi prosesnya, klik tambahkan tautan baru, lalu lengkapi bidang yang terdaftar. 

Di sisi kanan jendela, pratinjau linktree ditampilkan. Untuk mengubah urutan penempatan tautan, cukup seret dan lepas tautan yang ingin anda ubah. Mudah bukan cara membuat linktree, kalian bisa mencobanya langsung sekarang.

Baca juga: 2 Cara Mengirim File Besar Lewat Wa, Via Google Drive, Simple Banget

Exit mobile version