Google Form adalah salah satu produk digital yang digunakan oleh banyak pengguna internet hari ini. Produk google yang satu ini mempermudah pengguna (pembuatnya) untuk melakukan survey hingga absensi dengan lebih mudah dan cepat.

Pengguna dari Google Form ini sendiri beragam, mulai dari kalangan pelajar hingga para pelaku bisnis digital.

Nah, berhubungan dengan Google Form ini. Pada artikel kali ini, kami akan sedikit share tutorial kepada anda yang belum akrab dengan produk Google ini, yaitu tutorial cara membuat google form bisa diakses semua orang.

Untuk selengkapnya, anda bisa langsung mengikuti tutorial dan sekaligus ulasan cara membuat google form bisa diakses semua orang yang telah kami rangkum di bawah ini.  

Cara Menggunakan Google Form

Sebelum lanjut ke bagian cara membuat google form bisa diakses semua orang. Untuk anda yang sebelumnya belum pernah menggunakan produk Google ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai cara menggunakan Google Form ini.

Penggunaan Google Form ini sendiri termasuk cukup sederhana dan dapat dipahami dengan mudah. Adapun cara menggunakan produk Google Form ini adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs Google Form di forms.google.com
  • Klik formulir blank (lambang +) atau pilih template formulir yang tersedia.
  • Tentukan nama form dan juga deskripsinya.
  • Mulai buat pertanyaan dan menentukan bentuk jawabannya.

Untuk membagikan form yang telah dibuat, anda dapat langsung mengklik tombol kirim (send) pada bagian pojok kanan layar anda. Selanjutnya, tersedia 3 share yang dapat anda gunakan, yaitu dengan membagikannya via email, link dan juga script. Pilih metode share yang anda butuhkan.

Tutorial Cara Membuat Google Form Bisa Diakses Semua Orang

Untuk membuat Google Form Bisa diakses semua orang sendiri sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Kami sendiri belum lama ini membuat Google Form untuk kebutuhan kolaborasi dengan salah satu platform blogging besar, greentcoffee.com. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara agar google form bisa di edit orang lain tersebut.

  • Buka Google Forms yang ingin dibuka aksesnya.
  • Klik icon titik 3 yang terdapat pada bagian pojok kanan halaman google forms (di sebelah tombol send/kirim).
  • Ubah setting privacy dari form, yang sebelumnya Restricted menjadi Anyone with the link.
  • Klik done untuk menyimpan pengaturan dan Google Form anda telah dapat diakses oleh semua orang.

Cara Membuat Google Form Bisa Diakses Oleh Orang Tertentu

Jika anda ingin membatasi jumlah orang yang dapat mengakses dan mengedit Google Form anda (hanya yang anda izinkan), anda juga dapat melakukannya. Sama dengan tutorial sebelumnya, caranya juga terbilang singkat.

Untuk selengkapnya, berikut adalah tutorial untuk memberikan izin kolaborator (orang yang anda inginkan) untuk mengakses dan mengedit google form anda.

  • Buka Google Forms yang ingin dibuka aksesnya.
  • Seperti sebelumnya, klik icon titik 3 yang terdapat pada bagian pojok kanan halaman google forms.
  • Klik menu Add collaborators.
  • masukkan email dari kolaborator yang akan anda berikan izin.
  • Klik done untuk menyimpan pengaturan dan Google Form anda telah dapat diakses oleh kolaborator terkait.

Sekian tutorial singkat mengenai cara membuat google form bisa diakses semua orang yang telah kami rangkum. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih telah menyimak artikel ini dan jangan lewatkan artikel informatif lainnya dari kami dengan tetap setiap mengikuti blog ini.

Sampai di postingan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mudah Dan Simple Screen Recorder PC

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version