Cara Cek Nomor XLDi zaman perkembangan tehnologi dan komunikasi saat ini, nomor ponsel sudah tentu hampri diperlukan oleh semuanya orang untuk membuat lancar kegiatan berbicara atau berhubungan sama orang lain. Tiap operator dari tiap nomor ponsel umumnya mempunyai sejumlah seri nomor untuk ketahui nomor handphonenya, tidak kecuali operator mobile dengan merk XL.

Tetapi, karena keringanan akses untuk mempunyai nomor ponsel itu, seringkali banyak orang-orang yang tidak ingat atau justru tidak ketahui nomor handphonenya. Hal tersebut benar-benar lumrah jika terdapat banyak orang yang tidak ingat atau lupa dengan nomor pribadinya sendiri. Masalahnya nomor ponsel sendiri terdiri dari 12 angka yang telah disiapkan oleh pihak operator seluler. Akhirnya, gabungan dua belas angka itu benar-benar susah untuk dikenang oleh sebagian orang.

Karena banyak peristiwa orang yang makin tidak ada waktu untuk ingat nomor ponsel, ini jadi suatu hal yang penting karena pemakaian nomor ponsel penting untuk keperluan tugas, menjalankan usaha sampai belanja online di marketplace.

Dalam menangani permasalahan itu, XL sebagai operator mobile menyaksikan permasalahan itu dan dengan selekasnya membuat beragam cara untuk dapat mempermudah orang untuk ingat atau bahkan juga cuman ketahui nomor ponsel yang dipakai.

XL sendiri sebagai produk yang dikeluarkan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk, saat sebelum ganti nama jadi PT XL Axiata Tbk. XL sebagai salah satunya perusahaan yang bergerak dalam Industri operator telekomunikasi mobile di Indonesia. Perusahaan ini mulai mengenalkan ke warga semenjak tanggal 8 Oktober 1996. Perusahaan ini termasuk juga ke perusahaan swasta ke-3 yang memberi pengadaan layanan telepon mobile GSM di Indonesia.

Cara Cek Nomor XL Axiata Sendiri di HP Dengan Mudah

Selain layanan produk XL prabayar yang terbanyak dipakai oleh warga, XL mempunyai empat tipe produk GSM, yakni seperti AXIS, LIve.On, XL Fokus atau pascabayar sampai XL Prabayar yang sangat umum dipakai oleh warga. Tidak itu saja, XL memberi layanan korporasi yang diberi nama dengan Internet Service Provider atau ISP dan VoIP.

Nah, berikut ialah lima cara yang disiapkan XL dalam menangani permasalahan lupa atau mungkin tidak ingat nomor ponsel.

1. Cara Cek Nomor XL Melalui Dial Up atau USSD

Hampir serupa seperti cara lakukan cek nomor di operator mobile lainnya, nomor XL dapat dilaksanakan cek melalui menu USSD dengan dial up.

Cara cek nomor XL dengan dial up dapat disebutkan ialah cara yang termudah dan simpel, ini karena melalui dial up atau USSD cuman membutuhkan beberapa langkah saja.

Berikut ialah cara melakukan cek nomor XL yang harus Anda pahami, yakni:

  • Buka aplikasi pada telepon.
  • Masukan kode USSD *123#
  • Masukan kode dengan nomor 7.
  • Pilih tombol Call atau panggil dengan memakai nomor XL.
  • Masukan angka pada sejumlah opsi yang memperlihatkan Detail Nomor XL Anda.
  • Masukan pilihan dari sejumlah pilihan Cek Profile dan Cek Layanan.
  • Masukan opsi dalam menu yang menunjukkan Informasi Kartu XL-ku.
  • Nomor XL bisa dilihat pada layar ponsel.

2. Cara Cek No XL Melalui Customer Service

Sumber: XL Axiata

Sesudah mengerti cara cek nomor XL dengan dial up atau USSD, Anda bisa juga memilih cara cek nomor XL melalui Customer Service. Bila Anda sering dan menyukai hubungan dengan CS atau kependekan dari Customer Service, Anda dapat bertanya atau melakukan cek nomor XL dengan minta bantuan kepada CS.

Untuk ketahui cara cek nomor XL melalui Konsumen Service, harus dipahami lebih dulu jika cara ini ada dua tipe cara yaitu kontribusi melalui telepon dengan kontribusi melalui e-mail. Nah, berikut akan diulas ke-2 cara itu:

A. Cara Cek Nomor XL dengan Customer Service melalui Telepon

XL telah menyiapkan layanan Call Center untuk konsumen yang membutuhkan bantuan, ada dua nomor call-center yang bisa Anda mengajak berbicara langsung untuk minta bantuan apa saja berkaitan operator seluler XL yakni 818 dan 817.

Untuk call-center dengan nomor urut 818 sebagai nomor yang akan langsung menghubungkan panggilan Anda dengan Interactive Voice Response atau dapat disingkat IVR. IVR di sini bekerja sebagai mesin penjawab otomatis untuk para pelanggan XL.

Melalui bantuan IVR, Anda perlu ikuti langkah-langkah dan beberapa pertanyaan yang diberi oleh IVR untuk ketahui nomor XL yang Anda pakai. Sistem call-center dengan IVR ini terhitung bebas biaya maka pelanggan tak perlu risau mengalami pengurangan pulsa.

Setelah itu, jika Anda memakai panggilan call-center 817, Anda langsung akan disambungkan dengan pihak Customer Service dari XL. Berbeda dengan panggilan 818, panggilan dengan 817 memerlukan biaya sejumlah Rp 350 per panggilan maka dari itu bisa memotong pulsa yang Anda miliki.

Tidak itu saja, untuk Anda yang ingin lakukan cek nomor XL, tapi tidak sedang membawa ponsel dengan nomor XL Anda. XL menyediakan layanan panggilan telepon yang membuat Anda cukup hanya menghubungi ke nomor +6221-579-59817.

Dengan memakai layanan telepon nomor itu, Anda dapat memakai operator mobile apa saja dengan biaya yang telah ditetapkan oleh operator seluler tersebut. Tetapi, supaya lebih irit dalam melakukan cek nomor XL, Anda dapat lakukan registrasi lebih dulu dengan Paket Nelpon XL saat sebelum lakukan panggilan pada pihak Customer Service.

B. Cara Mengetahui Nomor XL dengan Customer Service melalui E-mail atau Website

Sesudah mengerti cara cek nomor XL melalui customer service, ada pula cara cek nomor XL melalui e-mail customer service tanpa lakukan panggilan dan tanpa potongan pulsa. Cara ini terhitung lebih irit untuk Anda yang mempunyai koneksi internet secara mudah, tapi tidak sedang mempunyai cukup pulsa untuk lakukan panggilan.

Cara cek nomor melalui customer service tipe ini memiliki arti menghubungi pihak customer service dengan e-mail dan website. Anda dapat lakukan cara itu dengan melaksanakan pengiriman e-mail ke alamat customerservice@xl.co.id.

Tidak itu saja, XL sediakan layanan untuk pelanggan untuk melakukan live chat langsung dengan customer service. Layanan ini dapat dipakai pelanggan dengan cara lakukan kunjungan ke situs resmi XL dengan alamat xl.co.id

3. Cara Cepat Cek Nomor XL Melalui Aplikasi Resmi MyXL

Lalu, cara untuk lakukan cek ke nomor XL dengan memakai aplikasi sah dari XL. Di zaman ponsel pandai seperti saat ini, XL sebagai salah satunya operator mobile paling besar di Indonesia sediakan aplikasi yang dapat didownload oleh para penggunanya melalui Google Play Toko.

MyXL sebagai salah satunya cara paling mudah untuk kamu yang telah terlatih memakai ponsel pintar untuk lakukan cek nomor XL dengan benar-benar mudah. Sebagai produk aplikasi resmi dari perusahaan operator seluler XL Axiata. Aplikasi itu mempunyai peranan sebagai fasilitas untuk melakukan manajemen data sekaligus untuk memberi keringanan ke para konsumen dalam melakukan pembelian pulsa sampai pembayaran paket internet dengan cepat dan singkat.

Nah, berikut ini cara yang sebaiknya Anda pahami agar bisa lebih cepat serta lebih mudah untuk cek nomor XL Anda:

  • 1. Unduh aplikasi myXL di Google Play Store atau App Store.
  • 2. Buka aplikasi myXL.
  • 3. Log in di akun myXL.
  • 4. Anda dapat menemukan nomor HP XL di halaman utama aplikasi dari myXL.

4. Cara Melihat Nomor XL Melalui Website myXL

Disamping melalui aplikasi myXL yang telah Anda download di ponsel, myXL ada dalam versi website. Ini bisa mempermudah untuk para pengguna yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mendownload dan registrasi.

Situs myXL bisa digunakan melalui hp atau komputer di kantor atau di dalam rumah. MyXL memberi layanan yang mempunyai informasi lengkap terkait pemakaian kartu XL. Meskipun secara tampilan dan konsep dari Situs myXL nyaris sama dengan aplikasi myXL, tetapi website myXL akan mempermudah pengguna dalam beberapa situasi dan kondisi tertentu.

Nah, berikut langkah-langkah untuk para pengguna untuk lakukan cek nomor XL di situs resmi myXL melalui browser:

  • 1. Pengguna bisa berkunjung ke alamat https://my.xl.co.id/ore/index1.html#/
  • 2. Setelah itu, pengguna dapat memilih pilihan dari menu Butuh Bantuan?
  • 3. Terakhir, silahkan log in dengan akun facebook Anda

Tetapi, dalam beberapa saat di depan, provider XL Axiata tidak sediakan layanan myXL versi website. Sesuai perubahan teknologi saat ini, sebagai salah satu cara penting yang sudah dilakukan XL untuk jadi lebih dekat dengan para penggunanya, XL mulai konsentrasi meningkatkan aplikasi myXL agar lebih mudah serta lebih efisien dalam melakukan kontrol sekaligus manajemen semua keperluan para penggunanya.

Oleh karenanya, jika Anda masih ingin lakukan cek nomor XL melalui myXL versi website. Anda kelak akan direferensikan untuk lakukan pengunduhan aplikasi myXL di Play Store ataupun App store. Akhirnya, proses itu malah justru akan memperlama proses saat lakukan cek nomor pengguna.

Maka sebagai cara alternatif, para pengguna dapat lakukan metode yang hendak dijelaskan berikut ini.

5. Cara Mengecek Nomor XL Melalui SMS atau Telepon

Sesudah ketahui beragam cara untuk lakukan cek nomor XL, mulai dari memakai dial up atau USSD, dilanjut mengoptimalkan layanan Customer Service, sampai coba pengembangan aplikasi yang disiapkan XL yakni myXL. Tetapi, sebagai salah satunya perusahaan operator seluler terpenting di Indonesia, XL menyiapkan layanan untuk para pengguna yang ingin lakukan cek nomor XL melalui panggilan telepon atau pesan dari SMS.

Cara cek nomor XL dengan menggunakan panggilan telepon atau pesan SMS bisa dikatakan sebagai salah satunya cara yang lebih mudah, lebih murah, serta lebih efektif. Para pengguna bisa mengirimkan pesan SMS atau telepon ke rekan, keluarga, bahkan juga kekasih, untuk seterusnya minta mereka memberi dua belas nomor XL yang barusan menghubunginya.

Disamping itu, para pengguna yang ingin mengetahui nomor XL-nya bisa memanfaatkan hadirnya aplikasi chatting yang terkenal dalam masyarakat seperti WhatsApp. Para pengguna perlu menyampaikan pesan pada orang terdekatnya atau orang yang dipercaya, setelah itu para pengguna perlu minta bantuan kepada orang yang dikirimi pesan melalui aplikasi WhatsApp untuk memberi info nomor yang si pengirim pesan.

Cara ini benar-benar murah, mudah, dan efektif karena tidak memerlukan pulsa, tetapi perlu membutuh jaringan untuk terhubung ke internet.

6. Cara Cek Nomor XL Yang Telah Registrasi

Sesudah sukses lakukan registrasi pada kartu XL prabayar, para pengguna dapat lakukan cek nomor yang telah terdaftar menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tercantum di KTP. Cara cek nomor XL yang terdaftar cukup ketik *123*4444# melalui menu panggilan lalu ikuti perintah selanjutnya.

7. Cara Aktivasi Nomor XL Yang Telah Hangus Atau Hilang

Untuk pengguna nomor XL yang kartunya telah hangus, XL memberikan kemudahan untuk melakukan pengaktifan ulang secara online dengan cara di bawah.

  • 1. Buka prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center
  • 2. Pilih Layanan Reaktivasi Kartu
  • 3. Masukan nomor XL pada kolom yang ada.
  • 4. Klik Lanjutkan.
  • 5. Isi syarat berupa KTP dan Kartu Keluarga.
  • 6. Siapkan kartu SIM lama yang ingin diaktifkan ulang (jika kartu hangus).
  • 7. Buat Surat keterangan hilang dari Polisi (jika kartu hilang).
  • 8. Siapkan Nomor telepon yang lain masih aktif untuk video call.

Untuk pelindungan data pelanggan, proses tukar kartu hilang akan melalui proses validasi lengkap yang memakan waktu kira-kira 2 jam. Proses validasi kartu yang hangus atau hilang dapat dilaksanakan lewat cara online, tapi pengambilan kartu baru masih tetap dilakukan lewat XL Center. Untuk pergantian kartu hilang tidak bisa diwakili, pengguna harus datang sendiri langsung ke XL Center.

Gimana? mudah bukan cara cek nomor XL yang lupa ? jangan lupa pantengin terus MyMovement.id untuk artikel bermanfaat lainnya.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version