Cara cek nik telkomsel salah satunya dengan menghubungi 188 atau kalian bisa melakukan 3 tahapan lain dibawah ini. Apakah Anda pengguna kartu Telkomsel dan ingin tahu berapa nomor kartu seluler yang tersimpan di nik Anda? 

Pengguna perangkat seluler saat ini wajib mendaftarkan ulang nomor telepon mereka, terlepas dari operatornya. Pendaftaran kartu operator sudah ada di Indonesia sejak lama.

Namun, sistemnya masih tidak terstruktur, sehingga pengguna dapat masuk dengan data tidak pasti, yang memungkinkan pengguna perangkat seluler untuk menyesuaikan nomor telepon mereka sesuka hati, tanpa dikendalikan. 

Baca juga: Terbaru! Cara Registrasi Telkomsel Loop 2022

cara cek nik telkomsel

Hal ini kemungkinan akan berbahaya dan berisiko tinggi di era digital saat ini. Bahkan jika di tengok ke belakang beberapa tahun terakhir, kemudahan mengganti kartu dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan seperti penipuan. 

Akibatnya, pemerintah memberlakukan pendaftaran ulang kartu untuk seluruh pelanggan operator seluler di Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo). Beberapa operator bahkan menawarkan bonus menarik bagi pengguna yang akan melakukan registrasi ulang kartu yang digunakannya. Lalu bagaimana cara cek nik telkomsel?

Kenapa harus cek nik telkomsel

Pada tahap awal, jika pengguna tidak mendaftarkan ulang nomor teleponnya menggunakan NIK, ia akan diblokir untuk melakukan panggilan keluar dan mengirim sms. Memblokir panggilan masuk dan SMS dalam 30 hari ke depan, karena pemblokiran ini dilakukan untuk layanan yang menerima panggilan telepon dan SMS.

Kartu sim dapat digunakan untuk mengakses internet setelah 15 hari. Namun, jika pelanggan masih belum terdaftar, pemerintah akan segera memblokir kartu sim sehingga tidak dapat digunakan seutuhnya. Jadi kalian harus memperhatikan cara cek nik telkomsel dengan baik.

Selain mengirim pesan SMS ke website resmi operator, call center, atau langsung ke outlet resminya, pelanggan juga dapat mendaftar di website resmi operator, call center, atau langsung ke outlet resmi operator. Cara cek nik telkomsel melalui sistem online sangat mudah.

Registrasi kartu baru dan registrasi ulang sim card bertujuan untuk menjaga validasi identitas pelanggan yang datanya sudah terlindungi. Registrasi kartu yang dilakukan pengguna sebelumnya tidak dilengkapi dengan proses validasi menggunakan informasi NIK dan nomor KK. 

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) bukanlah pemilik asli dari nik dan kk, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara cek nik telkomsel, kurang lebih seperti ini. 

  • Dial phone
  • Website resmi telkomsel

Baca juga: Cara Menambah Masa Aktif Kuota Telkomsel dengan Mudah dan Praktis

cara cek nik telkomsel

Bagaimana cara cek nik telkomsel

Bagi Anda pengguna Telkomsel, Mymovement akan sampaikan mengenai cara cek nik telkomsel lebih detail dibawah ini.

1. Dial phone

Dengan dial phone, tekan kode Panggil *444#, cara paling umum dan termudah untuk mengecek apakah nomor telepon terdaftar atau tidak. Melalui menu kode panggilan, Anda juga dapat memverifikasi apakah nomor tersebut sudah terdaftar atau belum, selain dapat melakukan registrasi ulang kartu.

Pelanggan cukup melakukan panggilan menggunakan kode panggilan yang telah disebutkan sebelumnya untuk mengecek registrasi nomor Telkomsel Anda. Langkah selanjutnya, setelah masuk ke layanan registrasi, Anda dapat mengklik menu Cek Status Registrasi dengan memasukkan angka 2 pada kolom dan mengklik tombol kirim. Cara cek nik telkomsel melalui dial phone sangat sederhana.

Anda akan menerima SMS berisi informasi tentang status registrasi nomor yang digunakan. Jika Anda tidak mengetahui status pendaftaran suatu nomor, ikuti langkah berikut: 

  1. Buka menu SMS di smartphone Anda 
  2. Buat pesan baru, dan masukkan isi pesan menggunakan format reg(spasi)nik#nomorkk#. 
  3. Kirim pesan ke nomor 4444. 
  4. Jika SMS dinyatakan valid, operator seluler akan mengaktifkan nomor anda dalam waktu 124 jam. 
cara cek nik telkomsel

2. Website resmi telkomsel

Selain cara cek nik telkomsel di atas, Anda juga bisa mengecek pendaftaran NIK di website resmi Telkomsel. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser yang sesuai di perangkat Anda (PC/laptop, smartphone.) 
  2. Pada kotak pencarian, ketik “cek-prepaid” 
  3. Dan klik tombol tombol “Cari”, lalu tunggu sampai Anda menemukan situsnya. 
  4. Pada website Telkomsel, buka halaman cek data registrasi pelanggan prabayar.
  5. Kolom nomor handphone dan nik (nomor KTP) perlu diisi sesuai dengan data pendaftaran yang digunakan. 
  6. Selanjutnya, klik tombol “Dapatkan Kata Sandi”. 
  7. Jika Anda telah menerima SMS, masukkan kata sandi yang diperoleh di bidang Kata Sandi jika sudah dikirim melalui SMS. 
  8. Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, klik tombol Periksa Nomor Saya. Penting untuk diketahui bahwa untuk menggunakan layanan cek registrasi NIK di website resmi Telkomsel, Anda harus segera memasukkan password yang didapat melalui SMS.

Diatas adalah langkah cara cek nik telkomsel yang bisa kalian gunakan secara online atau tidak perlu ke konter telkomsel secara langah, sangat mudah dan membantu sekali bukan? Semoga artikel kami bermanfaat, ya.

Baca juga: Alasan Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Nelpon Telkomsel dan Cara Mengatasinya

Exit mobile version