Apakah 1 akun Zoom bisa dipakai 2 meeting? Masih banyak yang belum tahu jika satu akun Zoom dapat digunakan untuk dua meeting bahkan lebih secara sekaligus. Hanya saja untuk dapat menggunakannya secara bersamaan harus ada beberapa hal yang dipenuhi.

Ini karena jika syarat tidak dipenuhi maka hanya bisa digunakan untuk satu meeting saja. Ketahui apa saja syarat agar satu Zoom bisa digunakan untuk dua meeting, yaitu :

Bagaimana Cara 1 Akun Zoom Bisa Dipakai 2 Meeting

1. Download Zoom

Download aplikasi Zoom sebelum melakukan meeting jika belum memiliki Zoom. Aplikasi Zoom harus sudah terinstall di dua laptop atau komputer untuk menunjukkan apakah 1 akun Zoom bisa dipakai 2 meeting dapat dipraktikkan.

Penggunaan ponsel tidak disarankan sebagai salah satu media dua meeting karena akan kesulitan untuk melakukan koordinasi dengan pihak lainnya.

2. Buat Link Zoom

Buat link Zoom sebelum melakukan meeting dari segi waktu meeting, nama meeting dan lain sebagainya. Miliki dua akun Zoom atau lebih yang sudah terverifikasi untuk berjaga-jaga jika ada kendala pada link sebelumnya.

Akun yang terverifikasi bisa digunakan untuk melakukan pertemuan lebih lama dibanding akun Zoom biasa.

Durasi meeting pada akun Zoom biasanya hanyalah 40, berbeda dengan akun Zoom yang berbayar yang tidak memiliki batasan waktu. Jumlah akun yang lebih dari satu dilakukan sebagai langkah pencegahan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga meeting bisa dilanjutkan tanpa hambatan.

3. Perangkat Yang Memadai

Perangkat yang memadai harus dipersiapkan sebelum melakukan dua meeting. Pengecekan perangkat dilakukan untuk menunjukkan apakah satu akun Zoom bisa dipakai 2 meeting.

Peralatan atau perangkat yang harus disiapkan seperti dua laptop, handphone, kamera eksternal, layar LCD, tripod dan masih banyak lagi.

Grup meeting harus disematkan di WhatsApp dengan tujuan agar jika ada koordinasi atau kesalahan dapat diinformasikan dengan baik.

Sediakan juga WiFi atau isi kuota bahkan perangkat internet dengan jaringan yang lancar. Proses kegiatan Zoom akan berjalan lancar selain koordinasi dan pembagian waktu yang baik juga dipengaruhi oleh sinyal.

Buruknya sinyal dapat merusak semua rencana bahkan membuat peserta malas dan meninggalkan meeting.

Artikel:

4. Memberikan Jarak Waktu Antara Kedua Meeting

Pemberian jarak waktu antara dua meeting membuktikan apakah satu akun Zoom bisa dipakai 2 meeting bisa dilakukan. Jarak waktu antar meeting bisa diperkirakan sesuai dengan kebutuhan tapi jarak antar meeting setidaknya tiga puluh menit atau setengah jam.

Untuk mempermudah pemberian jeda waktu antar meeting susun terlebih dahulu jadwal kedua meeting. Kemudian pastikan saat sesi tanya jawab tidak terjadi di waktu bersamaan.

5. Pembicara Dan Peserta Dijadikan Co host

Peserta dijadikan co host supaya jika saat pengguna tidak memantau Zoom dapat memberikan izin pada peserta lain jika ingin bergabung pada meeting tersebut. Jangan lupa pembicara juga dijadikan sebagai co host jadi jika sinyal pengguna buruk Zoom tetep bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan. Beritahu pembicara dan salah satu peserta yang diminta jadi co host agar tidak terkejut.

Akhirnya terjawab sudah pertanyaan apakah satu akun Zoom bisa dipakai 2 meeting. Pengguna Zoom bisa memilih menggunakan Zoom untuk meeting secara bersamaan hanya saja kalau bisa dilakukan di waktu terpisah lakukan di waktu yang berbeda.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi bentrok apalagi jika pengguna belum memiliki pengalaman melakukan dua meeting secara bersamaan ditakutkan akan mengacaukan acara.

Persiapkan semua hal dengan matang sebelum melakukan dua meeting secara bersamaan jika memang terpaksa melakukannya di waktu yang bersamaan dan tidak ada alternatif lainnya.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Leave A Reply

Exit mobile version